24.11.10

Selenggarakan Workshop Sinergitas Mangrove Jawa Tengah, KeSEMaT dan WI-IP “Reunian” di Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. KeSEMaT dan Wetlands International Indonesia Programme (WI-IP), sudah bersahabat sejak lama. Di awal berdirinya KeSEMaT, WI-IP bahkan telah banyak membantu KeSEMaT didalam mengimplementasikan program-program mangrovenya dengan membantu pendanaan didua program awal KeSEMaT, yaitu MANGROVE REpLaNT (MR) dan MANGROVE MOVIE (MM) di tahun 2003 dan 2004.

Namun demikian, sejak tahun 2004 sampai dengan 2009, nampaknya tidak ada lagi kerjasama antar kedua institusi ini, selain jalinan tukar kabar melalui berbagai jaringan di internet. Untuk itulah, ketika “Workshop Sinergitas Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Jawa Tengah Tahun 2010” berhasil diwujudkan, maka hal ini bagaikan sebuah angin segar bagi terciptanya “reunian”, antara para KeSEMaTER dan Rekan-rekan WI-IP.

Lihatlah foto-foto di atas ini. Ini adalah para KeSEMaTER dan Rekan-rekan dari WI-IP, pada saat “beraksi” memberikan infomasi mengenai sumber pendanaan global bagi program-program rehabilitasi mangrove, didalam workshop sinergitas mangrove yang dihadiri kurang lebih seratus orang SKPD dari seluruh Jawa Tengah, tersebut.


Kesempatan berjumpa dan bekerjasama kembali didalam menyelenggarakan sebuah kegiatan lingkungan ini, tentu saja tidak disia-siakan oleh kedua instansi lingkungan ini, untuk lebih mempererat tali silaturahmi. Maka, selepas acara, para KeSEMaTER dan Rekan-rekan WI-IP-pun, meninjau area kerja KeSEMaT di Mangunharjo Semarang, untuk melihat secara langsung kondisi ekosistem mangrove di beberapa titik di Semarang, sembari mendiskusikan banyak hal mengenai pengelolaan pesisir, penghitungan karbon dan kemungkinan kerjasama lebih lanjut didalam mengelola kawasan pesisir di Semarang dan sekitarnya. 

Semoga saja, dengan kerjasama KeSEMaT dan WI-IP didalam turut serta mengelola kawasan mangrove di Indonesia, maka masa depan mangrove di Indonesia bisa “sedikit” lebih cerah. Amin. Semangat MANGROVER!