27.11.10

KeSEMaT Menjadi Pembicara Mangrove di Pelatihan Kader Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Pantura di Kendal Jawa Tengah

Kendal – KeSEMaTBLOG. Pada hari Kamis, tanggal 25 November 2010, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Sapto Pamungkas, S. Kel. (Programme Campaigner) dan Sdr. Abdul Rohman Zaky (IKAMAT) telah menjadi pembicara dalam Pelatihan Kader Peduli Lingkungan Hidup yang berlokasi di Hotel Tirto Arum, Kendal. Acara ini berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 25 - 26 November 2010 yang diinisiasi oleh Forum Komunikasi Masyarakat Peduli PANTURA (FKMPP) serta dihadiri oleh sejumlah perwakilan kelompok tani mangrove pada masing-masing kotamadya dan kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

Pada hari pertama, acara diisi dengan pemaparan sejumlah materi oleh para narasumber. Dalam acara ini, Bapak Sapto Pamungkas, S. Kel. sebagai narasumber pertama telah memberikan materi seputar upaya pemanfaatan mangrove menjadi bahan termanfaatkan seperti sirup, dodol, kerupuk dan lain-lain.

Hadir pula sebagai narasumber, yaitu Prof. Dr. Azis Nur Bambang, MS (Pembantu Dekan I Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro) dan Bapak H. Sukamto (Ketua FKMPP Jawa Tengah) yang menjelaskan mengenai konsep pengelolaan mangrove di Semarang dan sekitarnya.

Pada hari kedua, acara diisi dengan diskusi oleh seluruh peserta sehingga menghasilkan suatu kesepakatan bersama dalam pengelolaan kawasan mangrove di PANTURA Jawa Tengah. Acara berlangsung dengan baik dan lancar, terlihat dari tingginya antusiasme peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian acara.