23.1.11

Biayai Program Mangrovenya, KeSEMaT Bangun Usaha Jasa dan Dagang Konsep Donasi

Semarang – KeSEMaTBLOG. Untuk membiayai program-program mangrovenya secara mandiri, KeSEMaT mulai melebarkan sayapnya ke berbagai bidang usaha dan dagang dengan konsep donasi. Tiga usaha jasa dan dagang KeSEMaT yang saat ini sudah berjalan dengan baik adalah KeSEMaTNURSERY, KeSEMaTOKO dan KeSEMaT Kreatif. Usaha pertama adalah usaha dagang dan jasa jual beli bibit mangrove dan konsultasi program rehabilitasi mangrove yang memungkinkan KeSEMaT untuk berafiliasi dengan para kelompok tani mangrove di pesisir Jawa Tengah dan membagikan ilmu dan pengetahuan mangrovenya ke berbagai institusi baik pemerintahan, kelompok tani, CSR perusahaan dan lain-lain dalam mengimplementasikan program dan proyek konservasi mangrove mereka.

Usaha kedua adalah usaha dagang jual beli souvenir mangrove yang dijual di KeSEMaTOKO dengan konsep donasi. Artinya, KeSEMaT akan menyumbangkan 10% – 20% dari setiap produk mangrove yang berhasil terjual di toko mangrove online, yang baru pertama ada di dunia, itu. Beberapa barang khas mangrove yang dijual di KeSEMaTOKO, diantaranya adalah kerajinan, kaos, bibit mangrove, makanan, minuman dan lain sebagainya. Usaha ketiga adalah jasa pembuatan branding, bernama KeSEMaT Kreatif, dimana KeSEMaT bekerjasama dengan para desainer grafis handal dan berpengalaman, untuk mengerjakan beragam pekerjaan desain yang sebagian dari keuntungannya akan didonasikan langsung kepada KeSEMaT untuk membiayai setiap pekerjaan mangrovenya yang bersifat voluntary.

Pembangunan usaha jasa dan dagang konsep donasi ini, diinisiasi dengan tujuan untuk menyeimbangkan antara program-program mangrove KeSEMaT yang saat ini semakin bertambah, dengan dana kegiatan. Sebagai informasi, banyaknya program mangrove KeSEMaT (kurang lebih 40 program voluntary dalam satu tahun) ini, tak lain dan tak bukan adalah sebagai hasil dari kerja keras para KeSEMaTER dan masyarakat luas yang tergabung dalam KeMANGTEER, untuk membuktikan jiwa konservasi mangrove mereka dalam rangka turut serta membangun kembali ekosistem mangrove dan pesisir Indonesia yang telah rusak. Bagi Anda yang ingin menyumbang dan turut serta dalam kegiatan voluntary mangrove KeSEMaT, dipersilahkan untuk melakukan dukungan kepada ketiga usaha jasa dan dagang KeSEMaT di atas. Semangat MANGROVER!