19.1.11

Reportase Tahapan DIKLAT MANGROVE KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR 2011

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 17 – 18 Januari 2011, selama dua hari berturut-turut, para Calon Anggota KeSEMaT (CAMaT) Angkatan XI, telah mengikuti Tahapan DIKLAT MANGROVE (DIKROVE) sebagai salah satu tahapan yang wajib diikuti dalam rangkaian KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2011 : Open Recruitment Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XI. Acara ini diselenggarakan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Diponegoro Tembalang Semarang.

Selama dua hari, mulai pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB, para CAMaT diberikan beragam pengetahuan mengenai organisasi KeSEMaT dan ekosistem mangrove, diantaranya (1) Profil KeSEMaT, (2) Pengertian dan Fungsi Mangrove, (3) Pembibitan dan Penanaman Mangrove, (4) Pemeliharaan Mangrove, (5) Flora dan Fauna Mangrove, (6) Metode Penelitian Mangrove, (7) Identifikasi Mangrove, (8) Kebijakan Mangrove, (9) Teknik Lobbying dan Presentasi dan (10) Teknik Pembuatan Proposal KeSEMaT.

Tahapan DIKROVE KHKT 2011 ini semakin meriah karena juga diselingi dengan dua buah permainan, yaitu “Menyusun Puzzle” dan “Bambu Gila”, yang bertujuan untuk menciptakan kekompakan dan kebersamaan diantara sesama CAMaT Angkatan 2011 sehingga disaat bekerja di KeSEMaT nantinya, bisa tumbuh suasana kerja yang baik dan kondusif. Para CAMaT yang lolos di Tahapan DIKROVE ini, akan kembali disaring dalam Tahapan KHKT 2011 selanjutnya, yaitu Ujian DIKROVE, yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Januari 2011, mendatang.