19.1.11

Tanamkan Kebersamaan dan Rasa Cinta Mangrove, Para CAMaT Angkatan XI, Mainkan Bambu Gila!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Selama masa “karantina” KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2011, para Calon Anggota KeSEMaT (CAMaT) Angkatan XI, telah dibekali dan diberikan beragam pengetahuan mengenai manajemen organisasi, ekosistem mangrove, teknik lobbying, pembuatan proposal, presentasi, dan lain sebagainya yang akan diimplementasikan secara langsung, pada saat mereka telah menjadi bagian dari KeSEMaT dan berjuang demi pelestarian ekosistem mangrove di Indonesia dan dunia.

Salah satu pengetahuan menarik yang diberikan oleh para KeSEMaTER kepada para CAMaT adalah permainan edukasi, bernama “Bambu Gila”. Dengan tujuan untuk menanamkan rasa kebersamaan dan rasa cinta mangrove kedalam sanubari para CAMaT, permainan ini telah dimainkan oleh seluruh CAMaT dengan penuh keceriaan tanpa mengurangi rasa seriusnya.

Bambu Gila ini memang aneh dan “gila”. Mengapa demikian (?) Karena, para CAMaT yang diwajibkan untuk bisa menurunkan bambu ke lantai dengan kedua jari telunjuk mereka, sama sekali tidak pernah berhasil setelah diberikan beberapa kali kesempatan.


Padahal, apabila dimainkan dengan sedikit CAMaT, bambu yang tidak memiliki kekuatan mistis apapun ini, bisa dengan segera diturunkan ke lantai. Permainan “Bambu Gila”, diakhiri dengan sebuah diskusi kecil tentang filosofi. Setelah disimpulkan, ternyata permainan ini memiliki filosofi yang sangat dalam, diantaranya mengajarkan kepada para CAMaT untuk bisa mengontrol diri, mencintai profesi, dan menjaga kebersamaan di setiap kali mengerjakan pekerjaan mangrove yang akan dibebankan KeSEMaT ke pundak mereka. Semangat MANGROVER!