19.1.11

Buku Mangrove KeSEMaT Kini “Hadir” di Kedai Pesisir Kulonprogo, Yogyakarta

Kulonprogo – KeSEMaTBLOG. Salah satu Kontributor Mangrove kami, yaitu Bapak Isna Bahtiar, yang saat ini bekerja di Dinas Kelautan dan Perikanan Yogyakarta, telah mengirimkan hasil reportasenya yang sangat menarik, mengenai pengembangan usaha Koperasi Serba Usaha Lembaga Ekonomi Pengembangan Pesisir Mikro Mitra Mina (KSU LEPP-M3). Dalam kunjungan kerjanya ke Kedai Pesisir, salah satu unit kegiatan dari KSU LEPP-M3, Bapak Isna Bahtiar berkesempatan memberikan “bantuan” berupa satu paket Buku Mangrove KeSEMaT berikut poster mangrovenya, demi pengembangan usaha konservasi mangrove yang saat ini mulai diinisiasi, di sana. Berikut ini adalah hasil dari reportase, tersebut. Selamat membaca.

Kulonprogo, 17 Januari 2011. Seperti sudah kita ketahui bersama, bahwa KeSEMaT baru-baru ini telah melakukan sebuah terobosan dan inisiasi besar dengan cara menyebarkan pengetahuan tentang mangrove yang diwujudkan dalam sebuah buku mangrove kepada masyarakat luas. Kedua buku mangrove KeSEMaT ini, kini “hadir” pula di daerah Kulonprogo, Yogyakarta setelah sebelumnya telah melanglang buana ke seluruh pelosok Indonesia hingga ke manca negara. Sebagai informasi, Kulonprogo merupakan salah satu kabupaten kecil di sebelah barat kota D.I. Yogyakarta yang saat ini sedang mengembangkan sektor kelautan berikut konservasi sumber daya lautnya.

Satu hal yang penting dari daerah ini adalah keberadan KSU LEPP-M3, yang mulai berdiri pada tahun 2001. Koperasi ini mempunyai beberapa unit usaha yang mendukung kelangsungan perekonomian masyarakat pesisir di Kulonprogo, yaitu Koperasi Simpan Pinjam Swamitra Mina, Kedai Pesisir, Klinik Bisnis dan Pabrik Es.

Selanjutnya, satu hal yang menjadi tonggak penting pada koperasi ini adalah pembentukan Pusat Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (P3MP). Sesuai dengan namanya, P3MP berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan masyarakat pesisir di Kulonprogo. Fasilitasi Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (FASIPTEK) merupakan tajuk pengembangan pengetahuan di tahun 2010, yang lalu. 


Kegiatan ini diwujudkan dengan membangun sebuah perpustakaan bagi masyarakat pesisir yang bertujuan untuk meningkatkan informasi dan pengetahuan bagi masyarakat pesisir, memberikan bekal pengetahuan bagi anak-anak, pelajar dan ibu rumah tangga dan memberikan akses informasi yang mudah dan murah bagi masyarakat pesisir di sekitar Kulonprogo.

Alhamdulillah, melalui dua buah buku mangrove yang telah disumbangkan KeSEMaT ke Kedai Pesisir, KeSEMaT secara tidak langsung telah berperan serta dalam usaha pengembangan pengetahuan konservasi lingkungan terutama mangrove kepada masyarakat Kulonprogo. Pada tanggal 11 Januari 2011 bertempat di Kedai Pesisir, satu paket Buku Mangrove KeSEMaT, telah diterima dengan baik oleh Bapak Agus selaku Bendahara KSU LEPP-M3.


KeSEMaT menyampaikan Buku “Panduan Praktis Teknik Rehabilitasi Mangrove di Kawasan Pesisir Indonesia” dan “Beragam Produk Olahan Berbahan Dasar Mangrove” beserta Poster Mangrove bertajuk “Lestari Mangroveku Lestari Alamku” (lihat foto di atas). Semoga saja, keberadaan Buku Mangrove KeSEMaT ini, dapat merangsang perkembangan konservasi mangrove di Kulonprogo pada khususnya dan konservasi lingkungan di Yogyakarta pada umumnya. Amin. Long Live Mangrove! Semangat MANGROVER!