17.10.12

Segeeer, Sirup Mangrove Bogem, Pak Soni Surabaya!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pak Soni, salah satu Pejuang Mangrove Indonesia asal Surabaya, beberapa waktu yang lalu sempat berkunjung ke kantor kami. Kami mengundang pendiri Kelompok Tani Mangrove Wonorejo itu, di acara kami, Mangrove REpLaNT 2012. Saat bertandang ke Kantor KeSEMaT, sang Bapak yang bersahaja ini, memberikan buah tangannya berupa sirup, jenang dan minuman cola khas Surabaya yang dibuat dari buah-buahan mangrove.

Lihatlah, foto di atas ini. Dari kiri ke kanan, ini adalah Jenang Bogem, Sirup Bogem dan Cola Bogem hasil produksi Pak Soni bersama kelompok tani mangrove yang dipimpinnya. Jangan tanya soal rasa, produk penganan mangrove ini, enak dan lezat. Sirup Bogemnya apalagi, segeeer! Tak salah memang bila produk olahan dari buah Sonneratia ini banyak diminati dan sudah dipesan hingga menyebar ke seluruh Indonesia.

Pak Soni menjelaskan, proses kreatif pembuatan penganan mangrove Bogem ini, memerlukan waktu yang lumayan lama dan disertai dengan proses yang berliku. Bahkan, setelah berhasil membuat sirup Bogem, beberapa pihak ada yang pernah mencoba mengklaim produk beliau tersebut.

Dikemas manis dengan tampilan luar yang mengundang selera, produk penganan Kelompok Tani Mangrove Wonorejo, Surabaya ini memang patut direkomendasikan sebagai salah satu cara diversifikasi penganan alternatif yang berfungsi juga sebagai salah satu cara kampanye untuk pelestarian ekosistem mangrove Indonesia di masa mendatang. Sukses selalu untuk Pak Soni dan Kelompok Tani Mangrove Wonorejo, Surabaya. Semangat MANGROVER!