24.10.12

Reportase KeSEMaT Bersama UT Tanam 15.000 Mangrove di Makassar!

Makassar – KeSEMaTBLOG. Tahun 2011, Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu perguruan tinggi dengan 37 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) yang tersebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia telah berpartisipasi dalam program Abdimas Penghijauan berupa penanaman 72.000 pohon di enam wilayah UPBJJ-UT (Serang, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Surakarta, dan Surabaya). Program penghijauan penanaman pohon tersebut dilaksanakan di daerah aliran sungai, dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai dengan jenis tanaman yang disesuaikan dengan kondisi daerah tersebut.

Pada tahun 2012 ini UT melanjutkan program abdimas penghijauan tersebut dengan memfokuskan pada penanaman pohon mangrove (bakau) di daerah pantai dengan tema “Bersama UT Membangun Perisai Pantai. Penanaman dilaksanakan di tiga wilayah UPBJJ-UT, yaitu Semarang, Makassar, dan Jakarta. Dimulai dengan penanaman di daerah pesisir Mangkang Wetan, Semarang pada tanggal 5, 6 dan 7 Oktober bersama KeSEMaT, kemudian dilanjutkan di wilayah Makasar pada tanggal 20 Oktober 2012 di pesisir Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan bersama Jurnal Celebes.

Penanaman Bibit (Mangrove) di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.
Kegiatan penanaman di pangkep dihadiri kurang lebih 300 peserta yang berasal dari 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Pangkep, Kabupaten Maros dan Kabupaten Bulukumba. Peserta terdiri dari siswa-siswi dan guru dari 16 sekolah (SD, SMP, SMK), Masyarakat, Pemangku wilayah, dan juga staff dan mahasiswa UT-UPBJJ MAKASAR. Sekolah yang hadir dalam acara ini adalah:

1. SMK 1 Bungoro
2. SMA 1 Pangkajene
3. SMK 2 Bungoro
4. SMK Muhammadiayah bungoro
5. SMA 1 Bungoro
6. SMK Minasatene
7. SMK Mandalle
8. SMP 1 BUNGORO
9. SMP 2 LABBAKKANG
10. SD Bertingkat Mamajang 1
11. SD TANGGUL PATOMPO 1 Makassar
12. SD Tanggul Patompo 2 Makassar
13. SD Pertiwi Makassar
14. SD 1 dan2 Tello Makassar
15. SMP 2 Maros
16. MTs Tanete BULUKUMBA (KAB.Bulukumba)

Acara dimulai dengan sambutan dari Jurnal Celebes, Yayasan Kanopi Indonesia, Pemangku wilayah yang disampaikan oleh Bapak Mahfud sebagai Staff Ahli PemKab Pangkep dan diakhiri sambutan dari Universitas Terbuka yang disampaikan oleh Bapak Dr. Sugilar, M.Pd sebagai Kepala UPBJJ-UT Makasar.

Dalam sambutannya Bapak Sugilar menyampaikan bahwa ada 3 Dharma Universitas yaitu pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat, yang salah satunya melakukan penghijauan sebagai pengabdian masyarakat khususnya di desa Tekolabbua kab. Pangkep. Menurutnya penghijauan dipinggir Pantai sangat penting karena akan memberikan banyak keuntungan.

Sedangkan Bapak Mahfud mewakili Bupati Pangkep memberi apresiasi bahwa masyarakat perlu peduli penanaman Mangrov, tujuannya adalah untuk menjaga kelestarian dan penghijauan khususnya mangrove karena Pangkep berpotensi dalam hal ini. Dan setelah penanaman ini agar masyarakat menjaga kelestariannya.

Setelah sambutan, dilakukan simbolisasi serah terima bibit mangrove dari Universitas Terbuka oleh Bapak Sugilar kepada lembaga mitra, masyarakat dan siswa-siswi sekolah.

Setelah selesai acara simbolisasi serahterima tanaman kemudian peserta melakukan penanaman di lokasi tanam yang sudah di tentukan dengan menggunakan perahu selama kurang lebih 15 menit untuk mencapai lokasi penanaman melintasi Sungai Pangkajene.

Di lokasi penanaman, peserta menanam bibit mangrove yang berupa buah mangrove atau propagul sebanyak 15.000 bibit mangrove. Dengan cara menancapkan propagul kemudian diberi ajir dan mengikat propagul pada ajir agar tanaman tidak rusak/hilang. Penanaman berjalan sangat meriah, mulai dari siswa-siswi SD sampai dengan guru-guru pendampingnya ikut menanam bibit mangrove yang sudah disediakan panitia. 

Setelah selesai dilakukan penanaman, peserta kembali ke pelabuhan dan mengakhiri acara dengan makan siang bersama.

Selanjutnya kegiatan penanaman akan dilaksanakan Yayasan Kanopi Indonesia di Kepulauan Seribu bersama mitra yaitu Yayasan Pendidikan Konservasi Alam (YAPEKA) pada tanggal 28 Oktober 2012. (Sumber : KANOPI).