24.10.12

SERU, MANGROVING di Muara Angke, Jakarta!

Jakarta – KeSEMaTBLOG. Bersama KeMANGTEER Jakarta, selepas menghadiri Awarding Night Eagle Awards 2012 di Metro TV Jakarta, pada tanggal 20 Oktober 2012 yang lalu, kami sempat MANGROVING di Muara Angke, Jakarta. Ditemani Sdr. Ilham Dewantoro (Ketua KeMANGTEER Jakarta), kami diajak jalan-jalan ke kawasan mangrove yang kabarnya merupakan lokasi terakhir yang masih tersisa di ibukota negara kita ini.

Menyusuri kawasan Muara Angke, terasa sekali ekowisata mangrovenya. Tidak seperti di Semarang tempat bekerja kami sehari-hari, di sini semua telah dikonsep dengan rapi dan berbayar. Kami duga, kawasan wisata ini dikembangkan oleh pihak swasta yang bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, untuk mengelola kawasan ini menjadi kawasan ekowisata mangrove terpadu.

Kawasan mangrove Muara Angke memang indah. Walaupun masih terjadi pro dan kontra mengenai pengelolaan mangrove di sini, namun mangrove di pinggiran Jakarta ini memang wajib dilestarikan, mengingat potensinya yang luar biasa dalam menjaga keanekaragaman hayati, sekaligus sebagai penyeimbang siklus alam di bumi, terlebih di Jakarta yang makin panas. Semangat MANGROVER!

No comments:

Post a Comment