11.10.12

KeSEMaT, Yayasan Kanopi dan Universitas Terbuka, Sukses Selenggarakan Mangrove REpLaNT 2012!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Kegiatan Bantuan Sosial Penanaman Pohon Universitas Terbuka yang dilakukan Universitas Terbuka (UT) bersama Yayasan Kanopi Indonesia dan mitranya di tiga wilayah di Indonesia, yaitu : Semarang, Makasar dan Jakarta (Kep. Seribu) telah dimulai. Kegiatan pertama dilakukan di wilayah Semarang tepatnya di Desa Mangkang Wetan pada tanggal 5-7 Oktober 2012. Kegiatan di Semarang secara teknis dilakukan Yayasan Kanopi Indonesia dengan mitranya, yaitu KeSEMaT, dengan tema besar Mangrove REpLaNT (MR) 2012 : Bersama UT membangun Perisai Pantai dan sub tema Mangrove for Prosperity.

Kegiatan utama dari serangkaian kegiatan yang dilakukan adalah penanaman bibit mangrove. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh seluruh jajaran afiliasi KeSEMaT, seperti KeMANGTEER, Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI, beserta mitra kerja lainnya, yaitu Kepala UPBJJ UT Semarang ibu Purwaningdyah Murti W, SH, M.Hum, Lurah Mangkang Wetan, DKP Kota Semarang, DKP Jateng, Biro Bina Produksi Pemerintah Provinsi Jateng, DINHUT Jateng, BLH Jateng. Acara ini juga diikuti oleh siswa-siswa dari SMP 28 Semarang dan MAN NU serta kelompok tani mangrove dan masyarakat Mangkang Wetan. Keseluruhan peserta penanaman lebih dari 500 orang.

Setelah rangkaian acara sambutan dan ramah tamah, kemudian dilakukan ceremonial penanaman di tanah bengkok atau tanah kas Desa Mangkang Wetan yang dilakukan oleh perwakilan Universitas Terbuka (kepala UPBJJ UT Semarang) dan diikuti oleh tamu undangan yang lain. Setelah ceremonial penanaman dilakukan kemudian serentak dilakukan penanaman oleh seluruh peserta penanaman.

Selain kegiatan utama yaitu penanaman pohon, dalam ranmgkaian kegiatan ini juga diselenggarakan beberapa kegiatan pendukung, yaitu:

1. Pelatihan Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Mangrove.
Kegiatan ini dipandu langsung oleh dosen dari Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang, Ibu Diah Ilminingtyas WH., Spi. MP.

2. Pelatihan Ekosistem Mangrove, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Teknik Rehabilitasi Mangrove
Pelatihan ini diisi oleh Bapak Aris Priyono, ST (Komisaris CV. KeMANGI), Pelatihan II merupakan pelatihan mangrove di ruangan dengan tujuan agar peserta mampu dan dapat mengenal keseluruhan materi tentang mangrove sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap mangrove itu sendiri.

3. Seminar Nasional Mangrove for Prosperity (MFP)
Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Dekanat Lantai III FPIK, UNDIP pada pukul 08.00 – 11.30 WIB. Seminar Nasional MFP dikemas dalam format diskusi panel yang mempertemukan tiga orang Panelis, yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Kelompok Tani Mangrove Surabaya dan KeSEMaT. Sesi seminar ini membahas isu-isu terbaru tentang pemanfaatan ekosistem mangrove sebagai salah satu penunjang perekonomian masyarakat pesisir.

4. Pelatihan Membatik Mangrove dengan Pewarna Alami Berbahan Dasar Mangrove
Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 – 10.30 WIB. Pelatihan ini dipandu oleh Bapak Eno (Zie Batik Semarang). Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan Field Trip ke lokasi wisata peninggalan sejarah “Sam Poo Kong”, wisata belanja “Kawasan Pusat Souvenir dan Makanan Khas Semarang” dan wisata rohani “Masjid Agung Semarang”.

Keseluruhan rangkaian acara MR 2012 telah terlaksana dengan lancar dan sukses dan mendapat sambutan yang luar bisa dari berbagai stake holder mangrove di Semarang. Selanjutnya, kegiatan penanaman mangrove juga akan dilaksanakan oleh Yayasan Kanopi Indonesia di Makassar dan Kepulauan Seribu bersama mitra, yaitu Jurnal Celebes dan Yayasan Pendidikan Konservasi Alam (YAPEKA). Dalam kesempatan ini, KeSEMaT juga akan melakukan peninjauan ke tiga lokasi penanaman mangrove tersebut.