18.10.12

Pesta Kebun Tandai 11 Tahun KeSEMaT!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 13 Oktober 2012, berkonsep pesta kebun, KeSEMaT merayakan hari jadinya yang kesebelas (9 Oktober 2001 – 9 Oktober 2012) di Kaliwang Resto, Tembalang, Semarang. Acara yang dihadiri oleh Keluarga Besar KeSEMaT, berikut afiliasi dan mitra kerjanya ini berlangsung meriah, yang diikuti oleh puluhan tamu undangan dari Semarang, Yogyakarta, Malang bahkan Jakarta. Acara dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan sambutan-sambutan yang kemudian dilanjutkan dengan beberapa persembahan paduan suara dan gerak tari, sehingga suasana makin semarak.

Ditemui di lokasi perayaan KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2012, Sdr. Vera Chandra selaku ketua panitia menjelaskan bahwa KB 2012 dikonsep berbeda dengan KB-KB sebelumnya, dimana diselenggarakan di luar kampus Ilmu Kelautan UNDIP. “Hal ini memang disengaja, untuk memberikan warna baru dan menampung afiliasi dan mitra kerja KeSEMaT yang semakin hari semakin banyak,” ujarnya.

Acara diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Bapak Siswanto, selaku perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang. Dalam sambutannya, beliau menginformasikan bahwa sepak terjang KeSEMaT luar biasa. Jangkauan kampanye mangrovenya juga sudah sangat luas menjangkau semua pesisir di Pantura bahkan Indonesia. Dia mencontohkan, saat melakukan kunjungan kerja di Tuban, Jawa Timur, jejak kinerja KeSEMaT sudah ada di sana, yang tentunya sangat bermanfaat dalam membantu menyebarkan informasi dan pengetahuan mangrove kepada warga pesisir Indonesia.

Dalam KB 2012 ini juga banyak diputar video-video mangrove mengenai jejak langkah dan pencapaian KeSEMaT sehingga mampu menginspirasi hadirin yang hadir. Video ucapan ulang tahun dari mitra kerja yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dinas, swasta, LSM, perusahaan dan masyarakat juga diputar, sebagai bentuk dukungan mereka terhadap pergerakan KeSEMaT selama sebelas tahun ini, dalam rangka mengembalikan kembali kejayaan dan kelestarian mangrove di Indonesia.

Tak hanya itu, presentasi dari Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI dan beberapa sambutan dari KeMANGTEER Indonesia, juga mewarnai KB 2012. Acara yang berlangsung meriah ini, ditutup dengan pengumuman pemenang KeSEMaTCOMPETITION 2012, pemotongan tumpeng, makan siang dan foto bersama. Selamat Ulang Tahun Kesebelas, KeSEMaT. Salam MANGROVER!