16.10.12

WOW, Mangkang Wetan Semarang, Ditanami 35.000 Mangrove!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Tak tanggung-tanggung, dalam perhelatan akbar Mangrove REpLaNT (MR) 2012 yang berlangsung di awal Oktober 2012 yang lalu, KeSEMaT dan para mitra kerjanya, seperti Kelompok Tani Mangkang Wetan, Universitas Terbuka, Yayasan Kanopi Indonesia, Yapeka dan beberapa dinas di Semarang, seperti Bina Produksi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, BLH, DINHUT, DKP dan masih banyak lagi, berhasil mengajak partispasi warga Semarang, mulai dari pelajar, pramuka, mahasiswa, LSM, swasta dan masyarakat lainnya, untuk melakukan penanaman kurang lebih 35.000 bibit mangrove.

Tujuan dari dilaksanakannya program ini, tak lain dan tak bukan adalah untuk menyelamatkan pesisir Semarang, yang di tahun 2012 ini, kondisinya sangat memprihatinkan, dimana secara visual diduga kerusakan mangrovenya sudah mencapai 90%. Lihatlah foto di atas ini, terlihat para KeSEMaTER sedang memandu para pelajar dan pramuka menyeberang sungai di area pertambakan, tempat bibit-bibit mangrove akan ditanam. Para generasi muda sengaja banyak dilibatkan di program penanaman dan pemeliharaan MR 2012 ini, untuk merangsang rasa kepedulian terhadap mangrove semenjak dini.

Program ini, berlangsung sukses dan sangat meriah, dimana diikuti oleh lebih dari 500 orang peserta dan partisipan. Setelah program penanaman mangrove ini selesai, selanjutnya, KeSEMaT dan warga Mangkang Wetan akan melanjutkannya dengan program pemeliharaan bibit mangrove yang telah ditanam, hingga minimal satu tahun ke depan. Dengan partisipasi dan kerjasama yang selama ini telah terjalin baik antara KeSEMaT dengan para mitra kerjanya, semoga saja kedepan, hasil dari program penanaman 35.000 bibit mangrove ini bisa mencapai kelulushidupan yang maksimal. Amin. Semangat MANGROVER!