18.10.12

KeSEMaT Hadiri Biomarine Expo KSK Biogama di UGM Yogyakarta

Yogyakarta – KeSEMaTBLOG. Dengan tema “Optimalisasi Potensi Kelautan Daerah Istimewa Yogyakarta”, KSK (Kelompok Studi Kelautan) Biogama UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta, mengundang KeSEMaT yang diwakili oleh Sdri. Sayyidah Fatchiyyah (MENPORSI) untuk datang dan mengikuti acara Biomarine Expo 2012. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini, berlangsung selama enam jam yang dilengkapi dengan adanya pameran kelautan oleh mahasiswa yang tergabung dalam KSK Biogama.

Kegiatan ini mengundang lima pembicara, yaitu Dr. Parvez Alam B.Eng (Hons), Ph.D., ProfGradIMMM yang memaparkan tentang “Marine Biomimetic” dalam open lecture in English, kemudian Eko Agus Suyono, M.App. Sc. dengan paparan “Aplikasi Marine Biotechnology”, dan juga tiga pembicara lainnya dari dinas instansi terkait yang memaparkan tentang Potensi dan Biodiversitas Pesisir DIY dan juga Ekosistem Mangrove di Kulon Progo.

Beberapa poin yang bisa disarikan dari kegiatan ini adalah bahwa pesisir Kulon Progo merupakan satu-satunya pesisir di DIY yang memiliki kawasan mangrove, namun diduga belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah setempat. Hal ini terjadi, karena kurangnya kesadaran, kepedulian dan perhatian tentang cara pemeliharaan dan pemanfaatan dari mangrove itu sendiri. Hal ini terbukti dari abrasi pantai yang semakin menjadi di pesisir Kulon Progo. Namun demikian, saat ini sudah mulai dirintis pembentukan Kelompok Tani Mangrove yang akan melakukan kegiatan berkelanjutan dalam usahnya untuk melestarikan dan melindungi ekosistem mangrove di Yogyakarta. Semangat MANGROVER!