16.10.12

WOW, Teater EMKA Pukau Peserta Mangrove REpLaNT 2012!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Ada yang menarik di program-mangrove-nasional Mangrove REpLaNT (MR) 2012. Tak hanya disuguhi dengan pelatihan mangrove di dalam dan di luar ruangan saja, namun panitia MR 2012 juga menyajikan konsep kampanye penyelamatan mangrove, dengan cara membalutnya dengan sajian teater. Dan, kali ini (6/10/12), Teater EMKA dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (UNDIP) mendapatkan kesempatan untuk menampilkan karya terbaiknya dihadapan para peserta MR 2012. Tampilan Teater EMKA yang digawangi oleh generasi-baru komunitas teater tersebut, sungguh memukau. Mereka menampilkan teater yang melibatkan para peserta untuk turut serta berteater.

Teater dibuka dengan prolog dan seruan-seruan penyelamatan mangrove. Kemudian secara tiba-tiba, para personel Teater EMKA, mengajak para peserta untuk maju ke depan, menyelamatkan dan menggotong tubuh anggotanya, sebagai personifikasi dari pohon mangrove. Tak hanya itu, mereka juga mengajak para peserta membuat lingkaran, untuk melindungi “pohon mangrove” tersebut dari terjangan ombak, badai, gelombang dan manusia jahil yang divisualisasikan oleh manusia, yang tak lain dan tak bukan adalah para anggota mereka lainnya.

Konsep ini terbukti manjur, dalam rangka menyuntikkan semangat konservasi mangrove ke hati para peserta MR 2012. Hal ini terbukti, setelah pentas teater selesai, beberapa peserta mengaku tersentil dan terbuka mata hati dan pikiran mereka. “Serasa disentil, tak menggurui dan teater mangrove ini benar-benar membuka mata hati saya untuk mulai menyayangi dan mencinta mangrove Indonesia,” ujar salah satu peserta MR 2012. Selamat Teater EMKA!