18.10.12

Wah, KeSEMaT Gelar Mangrove Expo di IPB Bogor!

Bogor - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 14 Oktober 2012, KeSEMaT telah mengikuti Indonesian Ecology Expo (INDEX) 2012 yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kampus Darmaga. Sembilan orang KeSEMaTER yang hadir dalam agenda tersebut, yaitu Sdr. Yanuar Yogha Pradana (Staf Ahli MENWEBNET), Sdri. Ika Desie (Staf MENWEBNET), Sdr. Ichwan Dwi Saputra (Staf Ahli MENWIRA), Sdri. Septi Nur Fajarin (Staf MENKEU), Sdri. Siti Nurul Aini (Staf Ahli DEPUSMAT), Sdr. Rohimat (Staf Ahli DEPDIKTAN), Sdr. Syaiful Imam (Staf Ahli MENKEU), Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (DP), Sdr. Oky Yuripa Pradana (IKAMaT) dan satu orang KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER) Semarang, yaitu Sdri. Irma Kusuma Dewi.

Seminar nasional dan expo yang KeSEMaT hadiri ini adalah puncak acara dari serangkaian kegiatan dalam INDEX IPB 2012. Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB – 16.00 WIB di Graha Widya Wisuda, dengan tema besar “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir untuk Mewujudkan Kehidupan yang Berkualitas”. Acara yang dibuka oleh Dekan FEMA IPB ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai kampus swasta dan negeri, dari seluruh Indonesia.

Pembicara seminar nasional yang hadir dalam acara tersebut, antara lain adalah Dr. Sudirman Saad (Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil) dan Dr. Ir. Toni Ruchimat, M.Sc (Direktur Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan) bersama dengan moderator seminar, yaitu Prabu Revolusi (Presenter METRO TV) dan Andromeda Mercury (Presenter TV ONE). Sebagai keynote speaker, hadir Bapak Syarif C. Sutardjo (Menteri Kelautan dan Perikanan) yang didampingi oleh Rektor IPB.

Dalam stand pameran mangrovenya, KeSEMaT selaku media partner INDEX IPB 2012, memperkenalkan berbagai produk olahan penganan berbahan dasar mangrove, seperti sirup mangrove, sabun mangrove, batik mangrove, dan lain-lain, bersama dengan CV KeMANGI. Selain itu, KeSEMaT juga membagikan gratis puluhan kendler, poster mangrove, dan ratusan stiker mangrove sebagai salah satu upaya mempopulerkan penyelamatan ekosistem mangrove kepada setiap orang yang hadir di acara tersebut. Tak lupa, KeSEMaT juga memperkenalkan buku rehabilitasi dan resep penganan mangrove kepada semua tamu yang berkunjung ke standnya.

Setelah acara seminar berakhir, agenda berlanjut ke acara talk show yang diisi oleh WWF Indonesia, COREMAP II dan Adi M. S. (Musisi Senior Indonesia). Keseluruhan acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba INDEX 2012, pemutaran video, pertunjukan band Javanication dan foto bersama.