14.10.12

KeSEMaT Hadiri Seminar Nasional Mangrove di Hotel Novotel, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 10 Oktober 2012, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Tangguh Gilang P. W. (IKAMaT) dan Sdr. Niharul Annas (IKAMaT) serta Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing) menghadiri acara Seminar Nasional Mangrove yang diadakan di Hotel Novotel, Semarang. Pada acara yang diikuti oleh dinas-dinas, LSM dan akademisi ini, membahas mengenai implementasi pengelolaan wilayah pesisir di Pantura, Jawa. Acara dibuka oleh Dr. Ir. Sri Yanti Wibisana selaku Direktur Kelautan dan Perikanan (Ketua NCB).

Pembicara-pembicara pada Seminar Nasional Mangrove kali ini antara lain adalah Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing), Direktur Sungai dan Pantai Kementerian Pekerjaan Umum, Asisten Deputi Urusan Pengendalian Kerusakan Pesisir dan Laut Kementerian Lingkungan Hidup, Direktur Bina Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kementerian Kehutanan, dan Direktur Fasilitasi Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Kememnterian Dalam Negeri.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan diskusi panel yang dimoderatori oleh Prof. Sukristijono yang kemudian disambung dengan diskusi kelompok, dimana dalam diskusi ini dibagi menjadi tiga kelompok. Untuk kelompok pertama adalah diskusi mengenai struktur-lunak untuk rehabilitasi wilayah pesisir, kelompok kedua membahas tentang struktur-fisik untuk rehabilitasi wilayah pesisir, kelompok terakhir membahas tentang regulasi dan kelembagaan untuk pengelolaan rehabilitasi wilayah pesisir. Selanjutnya, dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain. Acara ditutup oleh Ketua NCB Indonesia dan diakhiri dengan foto bersama.