20.10.12

Senyum Kami, Untuk Mangrove!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Senyum kami, untuk mangrove. Itulah pesan tersirat, sewaktu pelaksanaan KeSEMaTBIRTHDAY (KB) kesebelas, yang kami selenggarakan di sebuah restoran di Semarang, beberapa waktu lalu. Menginjak usia kami yang sudah tembus sepuluh tahun, kami merasa perjalanan pelayanan kami terhadap mangrove dan warga pesisir, belumlah seberapa.

Berjibaku dengan lumpur, berhadapan dengan para masyarakat pesisir secara langsung, maupun pemangku kebijakan pengelolaan mangrove dari pusat hingga daerah, terkadang membuat kami perlu istirahat sejenak. Dan, KB kami rasa adalah saat yang tepat untuk mengulang kembali, perjalanan kami memangrovekan Indonesia.

Merayakan hari jadi kami dengan cara sederhana, dimana kebersamaan menjadi fokus utama, kehadiran para kerabat sejawat dan rekan-rekan di jaringan mangrove kami, menjadi sangat berarti sebagai penyemangat kami dalam menyusuri hutan mangrove Indonesia, untuk mencoba menyelamatkannya, yang terkadang sangat terjal, penuh rintangan dan berliku. Ditemani banyak kolega yang selalu setia mendampingi kami, membuat tekad kami menjadikan Indonesia menjadi negeri-mangrove-kembali, semakin kuat. Semangat MANGROVER!