16.1.11

KeSEMaT Mengkampanyekan Bahan Olahan Mangrove kepada Kader Forum Komunikasi Masyarakat Peduli PANTURA

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 15 Januari 2011, mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB, KeSEMaT telah mengkampanyekan bahan olahan mangrove kepada Kader Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Pantai Utara (FKMPP). Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya peningkatan kesadaran dan kepedulian Kader FKMPP untuk sinergitas pengelolaan kawasan pesisir PANTURA Jawa Tengah yang berkelanjutan. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo, S. Kel. (Direktur Eksekutif) dan Bapak Windy Indra Ardiansyah (Programme Manager) yang memberikan materi mengenai “Pemanfaatan Mangrove Menjadi Bahan Konsumtif seperti Pakan Ternak, Sirup dan Dodol”.

Selain KeSEMaT, pembicara lainnya yang juga diundang diantaranya adalah (1.) LBH Semarang mengenai “Undang- Undang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup No. 32 Tahun 2009 dan Relasinya Terhadap Pengelolaan Kawasan Pesisir”, (2.) Bapak Abdul Aziz dari FKMPP KORWIL Semarang mengenai “Ekonomi Kreatif Ramah Lingkungan dalam Usaha Alternatif”, (3.) Bapak Indra Hanafi, SE dari DISPERINDAG mengenai “Langkah Kongkrit Dalam Usaha Alternatif” dan (4.) Ibu Ida Purnomowati dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang mengenai “Kondisi, Permasalahan dan Kebijakan Pengelolaan Kawasan Pesisir Secara Terpadu di Kota Semarang”.

Pelatihan Kader FKMPP Korwil Semarang ini diselenggarakan di Rumah Makan Sampurna Garut - Mangkang Semarang. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini kurang lebih 50 orang Kader FKMPP yang terdiri atas sejumlah petani tambak, nelayan dan aktor peduli lingkungan di pesisir PANTURA Jawa Tengah yang berasal dari dinas terkait, perwakilan Kabupaten Batang, Kendal, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Rembang dan Brebes.