7.1.11

“Teman-teman, Mistel Clab Hidup di Akal Manglove, lho...”

Semarang – KeSEMaTBLOG. “Halo teman-teman, kenalkan, namaku Alya. Aku sekalang sudah tahu, kalau manglove itu tumbuhan di pantai dan punya akal, batang dan daun. Tlus, ada mistel clab juga yang hidup di akalnya, lho...” Itulah, penggalan kalimat Arya, seorang anak usia 4 tahun yang saat ini masih duduk di TK A YPI NASIMA Semarang. Lihatlah foto di samping ini, bersama dengan kakak KeSEMaTERnya yang dia panggil sebagai Mbak Yuli, dia begitu lancar menjawab pertanyaan dari Sdri. Yulia Ulfah (IKAMaT), ketika Mbak-nya itu, menanyakan mengenai bagian-bagian mangrove dan binatang yang hidup di dalamnya. Dan, karena si kecil Arya berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, maka Mbak Yuli-pun memberikannya hadiah kepadanya berupa stiker dan pin cantik mangrove kepada adik kecilnya, itu.

Sungguh, jawaban Arya, bagaikan sebuah oase yang menyejukkan hati kami. Perjuangan kami dalam memberikan sebuah pengajaran mangrove selama kurang lebih satu jam kepada adik-adik kecil kami ini, ternyata tidaklah sia-sia. Mereka begitu cepat mengerti dan segera bereaksi positif, setelah satu demi satu, slide-mangrove bergambar dan film-film mangrove kami tayangkan kepada mereka. Lihatlah, Arya yang masih mengenakan pakaian seragam olahraganya, dia nampak asyik menggenggam bibit tumbuhan yang baru saja dikenal namanya. Tumbuhan itu, disebutnya sebagai “manglove”.

Pengajaran mangrove kepada adik-adik kecil kami yang masih duduk di TK dan SD ini, selalu rutin kami lakukan dalam setahun. Dengan tujuan untuk mencoba memperbaiki keadaan dan kondisi mangrove di pesisir Indonesia, maka penyampaian informasi sedari mereka kecil, sangatlah perlu dilakukan, agar setelah mereka tumbuh dewasa nanti, kata mangrove tak lagi asing, seperti yang terjadi pada masyarakat kita, dewasa ini. Semangat MANGROVER!