7.4.11

DEPDIKTAN KeSEMaT Adakan Klub Selasa Malam di Asrama Ilmu Kelautan UNDIP Jepara

Teluk Awur – KeSEMaTBLOG. Dengan suasana yang penuh kesederhanaan dan kekeluargaan, pada tanggal 6 April 2011, Departemen Pendidikan dan Penelitian (DEPDIKTAN) KeSEMaT, mulai pukul 21.00 WIB, kembali menyelenggarakan Klub Selasa Malam (KSM) edisi minggu pertama, di bulan April 2011. Kegiatan KSM yang diinisiasi DEPDIKTAN ini, merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin, setiap Selasa Malam di Asrama Marine Station (AMS) Universitas Diponegoro (UNDIP), Teluk Awur, Jepara.

Kegiatan yang diikuti oleh para KeSEMaTER dan juga KeMaNGTEER dari Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK) yang ada dilingkup Jurusan Ilmu Kelautan dan UNDIP, seperti UKSA, FARMASEA, SEAWEED, ALBAHRAIN dan MDC ini, diisi dengan pemateri Sdr. Guntur Diantoro (MENDIKTAN) dan dimoderatori oleh Sdr. Rohmat Kuslarsono (Staf MENDIKTAN).

Pada KSM kali ini, pembicara memberikan materi mengenai dasar-dasar mangrove dengan tujuan untuk mengajak para peserta KSM agar memiliki pengetahuan mangrove yang cukup, dalam rangka usaha bersama pelestarian eksosistem ini di masa depan.


Mengingat mangrove menarik untuk dipelajari, maka pemateri juga menjelaskan tentang keanekaragaman hayati mangrove yang ada di kawasan pantai Jepara, seperti kawasan ekosistem mangrove Ujung Piring, Tanggul Tlare dan Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK), Teluk Awur. Selanjutnya, MENDIKTAN juga menginformasikan lokasi daerah-daerah terabrasi sebagai akibat dari alih fungsi lahan mangrove menjadi area pertambakan dan peruntukan lainnya.

KSM yang diselenggarakan disela-sela rutinitas Mahasiswa Ilmu Kelautan UNDIP Angkatan 2009 ini, sangat antusias diikuti oleh peserta KSM. Hal ini terbukti dari rasa keingintahuan mereka yang besar akan materi yang diberikan oleh Sdr. Guntur Diantoro, yang dituangkan dalam berbagai pertanyaan.


Selanjutnya, KSM akan terus diadakan oleh KeSEMaT secara sederhana dan bersahaja di salah satu Hall AMS seperti ini, sehingga misi KeSEMaT dalam mengkampanyekan penyelamatan ekosistem mangrove dan memerdekakan masyarakat pesisir, bisa berjalan lebih optimal. Amin. Semangat MANGROVER!