25.4.11

Kampanyekan Mangrove, Kampanyekan Masa Depan!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Entah untuk keberapa kalinya, kami mengkampanyekan mangrove di MECoK. Lihatlah foto di samping ini. Ini adalah kami, disaat memberikan penjelasan tentang fungsi mangrove kepada kurang lebih 85 peserta kegiatan eksplorasi lingkungan dari rombongan guru dan murid, yang berasal dari sebuah SMA di Semarang. Pengetahuan mangrove memang tidak diajarkan secara terpisah dari mata pelajaran ilmu alam di sekolah-sekolah, untuk itulah, informasinya seakan “hilang”, di mata para pelajar kita. Padahal, bila kita runut manfaat mangrove dalam rangka menyetabilkan kehidupan di bumi, tumbuhan pesisir ini memiliki peranan yang sangat luar biasa.

Penelitian terakhir menyebutkan bahwa hutan mangrove mampu menyimpan karbon lima kali lebih besar dari hutan biasa. Mangrove mampu menyimpan karbon 1.000 ton per hektar. Kemampuan ini, 5 kali lipat dari hutan biasa. Untuk itulah, setiap kali penebangan mangrove dilakukan, maka ini berarti kita akan menguraikan karbon ke udara dan menambah unsur gas rumah kaca di atmosfer. (KOMPAS, 2011).

Mengingat begitu vitalnya fungsi, manfaat dan peranan mangrove bagi kehidupan manusia dan bumi di masa depan, maka selama kurun waktu sembilan tahun terakhir ini, kami tak pernah berhenti untuk mengkampanyekan mangrove dengan “media apapun”, diantaranya musik, televisi, film, seminar, pelatihan, penyuluhan, pembuatan komik, penciptaan buku, dan media kampanye lainnya, sembari mengajak masyarakat luas untuk bersatu padu, berjuang menyelamatkan mangrove. Hal ini kami lakukan, karena kami menganggap bahwa dengan mengkampanyekan mangrove, ini artinya kami juga (akan) mengkampanyekan masa depan. Bagaimana menurut Anda (?). Semangat MANGROVER!