23.4.11

Selamatkan Mangrove Jepara, KeSEMaTER Bangun Kembali Kebun Persemaian Mangrovenya

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21 dan 22 April 2011, KeSEMaT kembali melaksanakan program konservasi mangrovenya, yaitu KeSEMaT Goes To Arobertum (KGTA) III, yang kali ini bertujuan untuk membibitkan berbagai jenis mangrove di MECoK, sekaligus memperbaiki kebun persemaian bibit mangrove (bedeng) yang ada didalamnya. KGTA III dilaksanakan di dua tempat, yaitu Teluk Awur dan Ujung Piring, Jepara.

Pengambilan buah dan propagul mangrove dilaksanakan di Ujung Piring, yang terdiri dari jenis Sonneratia caseolaris, Ceriops tagal dan Rhizophora apiculata. Propagul yang diambil tersebut, akan dibibitkan pada acara Mangrove Cultivation (MC) 2011, pada tanggal 29 April – 1 Mei 2011, mendatang.

Selanjutnya, pembuatan bedeng dilakukan di MECoK Teluk Awur, Jepara. Tujuan pembuatan bedeng ini adalah untuk melindungi bibit mangrove dari sinar matahari sehingga bibit mangrove bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Setelah pembuatan bedeng selesai, acara dilanjutkan dengan penyulaman bibit mangrove yang telah mati dengan yang baru, untuk menjaga kelulushidupan mangrove yang ada di MECoK. Keseluruhan acara KGTA III demi menjaga dan menyelamatkan mangrove di pesisir Jepara ini, ditutup dengan doa dan foto bersama.