5.4.11

Siapkan Mangrove Cultivation 2011, KeSEMaTER Cek Ketersediaan Propagul di Ujung Piring Jepara

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 5 April 2011, mulai pukul 15.00 WIB - 18.00 WIB, KeSEMaT yang diwakili Sdr. Fuad Ashari (Presiden), Sdr. Guntur Diantoro (MENDIKTAN) dan Sdri. Fera Nur Idawati Sahari (MENSEK) telah melakukan survei ketersediaan propagul mangrove di kawasan mangrove Ujung Piring Jepara, untuk persiapan tahapan pembibitan mangrove yang akan dilaksanakan pada Mangrove Cultivation (MC) 2011, 29 April sampai dengan 1 Mei 2011 di Kampus Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Teluk Awur, Jepara.

Survei dilakukan dengan tujuan untuk memilih propagul mangrove yang baik, yang akan digunakan sebagai bahan pelatihan pembibitan mangrove KeSEMaT kepada para peserta MC 2011. Pada survei ini, telah ditemukan beberapa propagul yang siap digunakan untuk MC 2011, yaitu dari jenis Ceriops sp, Rhizophora sp dan Sonneratia sp.

Ujung Piring merupakan salah satu kawasan ekosistem mangrove yang kaya dengan keanekaragaman hayati, baik flora maupun fauna, sesuai dengan tema MC 2011 yaitu, Mangrove For Biodiversity. Dengan diadakannya survei propagul mangrove lebih awal, diharapkan MC 2011 bia berjalan dengan baik dan lancar. Semangat MANGROVER!