14.12.11

KeSEMaT Memberikan Penyuluhan Mangrove Kepada Masyarakat, Siswa dan Guru di Paiton, Probolinggo

Paiton – KeSEMaTBLOG. Bertempat di recretion hall PT. IPMOMI Paiton, Kabupaten Probolinggo pada tanggal 10 Desember 2011, KeSEMaTER telah memberikan penyuluhan mangrove kepada masyarakat, siswa/i dan guru yang berada di sekitar PLTU Paiton. Acara penyuluhan mangrove yang dikemas dalam bentuk Seminar Sehari ini mengundang Bapak Arief Marsudi Harjo (IKAMaT) dan Ibu Lulut Sri Yuliani (Penggagas Manajemen 5 Jari-jari) dengan tema Budidaya Mangrove, Manajemen 5 Jari-jari dan UKM mangrove. Acara dibagi menjadi 2 kelas, kelas pertama tentang Budidaya Mangrove dengan pembicara Bapak Arief dan kelas kedua tentang Manajemen 5 Jari-jari dan UKM mangrove yang diisi oleh Ibu Lulut.

Acara dimulai dengan pembukaan dari penanggung jawab acara Bapak Heru, yang kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan dari SMART Band. Seminar dimulai pada pukul 09.30 WIB, dimana semua peserta yang hadir langsung diarahkan menuju ruang kelasnya masing-masing. Masing-masing pembicara memaparkan presentasinya dan langsung disambut oleh puluhan pertanyaan oleh peserta. Tak ayal, hal ini membuat acara seminar di hari itu menjadi sangat ramai, meriah dan tidak membosankan. Masyarakat sangat antusias sekali dalam mengikuti seminar ini, karena memang daerah Probolinggo, khusunya Paiton, ekosistem mangrovenya nampak harus segera dibenahi dan masyarakat ingin memiliki lahan pembibitan mangrove sendiri.

Acara pemaparan materi dan diskusi selesai pada pukul 11.30 WIB yang dilanjutkan dengan ishoma di area seminar. Para peserta disuguhi makan siang dan snack berbahan dasar mangrove. Hal ini, berhasil semakin mempererat suasana kekeluargaan seminar hari itu. Acara dilanjutkan kembali dengan menggabungkan 2 kelas menjadi 1 kelas, sehingga peserta yang tidak mendapatkan materi tentang budidaya mangrove menjadi tahu tentang budidaya mangrove, begitupun sebaliknya. Acara selesai pukul 14.00 WIB yang ditutup dengan SMART Band dan foto bersama peserta.

Follow up dari acara seminar sehari ini adalah PT. IPMOMI dan perusahaan yang tergabung dalam Paiton Energy akan mengadakan pelatihan praktik langsung ke lapangan, yaitu dengan membuat bedeng persemaian mangrove dan melakukan penanaman mangrove di sekitar area PLTU Paiton serta membentuk UKM mangrove di daerah kabupaten Probolinggo.