26.3.12

Kampanyekan Mangrove ke Gunung, KeSEMaTER Berhasil Daki Puncak Merapi!

Merapi – KeSEMaTBLOG. Setelah sebelumnya, yaitu pada tanggal 27 Desember 2011, salah seorang KeSEMaTER, yaitu Sdr. Afirman Karyono – Firman (IKAMaT) berhasil mendaki Gunung Semeru, pada tanggal 25 Maret 2012, kembali Sdr. Firman bersama dengan komunitas Shelter Penggiat Alam Bebas telah berhasil melakukan pendakian-bersama ke Gunung Merapi (GM), yang dimulai pada tanggal 24 Maret 2012. Sebelum melakukan pendakian, diadakan sarasehan sesama pendaki, untuk mempererat silaturahmi.

Dalam kesempatan ini, Sdr. Firman memperkenalkan tentang fungsi dan manfaat mangrove bagi kelestarian alam, KeSEMaT dan beberapa program mangrovingnya di pesisir serta menginformasikan mengenai program mangroving terdekat KeSEMaT, yaitu Mangrove Restoration (MANGRES) 2012 yang baru saja dilakukan beberapa saat yang lalu. Para pendaki nampak tertarik dan antusias mendengarkan penjelasan KeSEMaTER, yang tentunya ini merupakan pengetahuan baru bagi mereka.

Pendakian yang dimulai di tengah malam dari Jalur Pendakian Selo ini, berhasil mencapai Puncak Merapi di pagi hari, pukul 06.00 WIB. Walaupun dalam kondisi suhu yang sangat rendah, namun semangat para pendaki telah menjadikan keadaan tersebut tidak menjadi masalah.

Tak lupa, setelah mencapai Puncak Merapi, dalam pendakian ini juga dilakukan bersih-bersih gunung dengan memungut sampah yang tak dapat terurai oleh alam, seperti plastik, botol dan jenis sampah non organik lainnya. Hal ini, diharapkan dapat menjadikan Jalur Pendakian Selo bisa lebih bersih sekaligus menyadarkan para pendaki yang masih membuang sampah sembarangan agar mulai tergugah untuk lebih menjaga kebersihan GM.