5.3.12

Reportase Tahapan Survei Lokasi Penanaman, Mangrove Restoration 2012

Mangunharjo – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 3 Maret 2012, bertempat di kawasan mangrove Mangunharjo, Semarang, KeSEMaT telah mengadakan Tahapan Survei Lokasi Penanaman untuk program Mangrove Restoration (MANGRES) 2012. Dihadiri oleh puluhan peserta MANGRES 2012 dan panitia, acara ini dipimpin langsung oleh Ketua MANGRES 2012, Sdr. Rohimat (staf shli MENDIKTAN). Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB ini, diawali dengan berkumpul di Kantor KeSEMaT untuk melakukan cek dan ricek kelengkapan MANGRES 2012, sebelum keberangkatan menuju lokasi. Dipimpin oleh Sdr. Ganis Riyan Efendi (MENWEBNET) selaku Koordinator Lapangan, telah dilakukan briefing dan doa. Sebelum berangkat menuju lokasi, dilakukan foto bersama di depan Kantor KeSEMaT.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih satu jam, peserta dan panitia tiba di Mangunharjo dan langsung disambut oleh Bapak Sururi, selaku Koordinator Lapangan LSM Biota Foundation. Didampingi oleh Bapak Sururi, peserta diajak ke tempat pembibitan mangrove. Peserta dijelaskan mengenai teknik pembibitan untuk jenis-jenis mangrove yang dibibitkan. Setelah itu, peserta langsung menuju lokasi penanaman yang rencananya akan dijadikan tempat lokasi Tahapan Penanaman pada tanggal 24 Maret 2012 dalam acara MANGRES 2012.

Di lokasi penanaman, yang terletak di dekat Pantai Mangunharjo, Panitia MANGRES 20120 mengajak peserta untuk berkeliling di area penanaman dan membentuk forum diskusi. Dipimpin oleh Sdr. Ganis Riyan Efendi, peserta dijelaskan mengenai ekosistem mangrove yang ada di sekitar lokasi, dan juga penjelasan teknik penanaman mangrove yang benar. Di forum diskusi, peserta MANGRES 2012, banyak yang menanyakan mengenai jenis-jenis mangrove yang ada di sana berikut ciri dan umurnya. Usai survei lokasi penanaman, acara ditutup dengan bersih diri dan foto bersama.