29.3.12

WOW! Bendera Mangrove KeSEMaT Berkibar di Kedalaman Laut Karimunjawa!

Karimunjawa – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 26 Maret 2012, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Fuad Ashari (DP), Sdri. Ika Desi (staf MENWEBNET) dan Sdri. Dwi Septianingsih (staf MENKOMSI) telah mengikuti kegiatan Sertifikasi Selam A1 yang diselenggarakan oleh Marine Diving Club (MDC), sebuah Unit Kegiatan Selam Mahasiswa di lingkup Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP. Kegiatan ini dilaksanakan di Kepulauan Karimunjawa, Jepara Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini, ketiganya berhasil mengibarkan Bendera Mangrove KeSEMaT (BMK) di kedalaman laut Karimunjawa, tepatnya di perairan Pulau Cemara Kecil yang sangat eksotis.

Selesai mengibarkan bendera mangrovenya, para KeSEMaTER juga menyempatkan diri untuk mangroving ke pesisir pantai Tanjung Gelam yang terkenal karena keberadaan batu-batuannya yang super besar. Dari pengamatan yang dilakukan, kondisi pesisir Kepulauan Karimunjawa, didominasi oleh vegetasi tumbuhan pantai hingga mangrove asosisasi yang memiliki pasir putih sehingga menarik banyak minat wisatawan tak hanya dalam negeri saja, tetapi juga manca negara.

Pengibaran BMK di kedalaman laut ini, melengkapi dua aksi sebelumnya, yaitu pengibaran BMK di lumpur mangrove dan di puncak gunung bersama dengan Rekan-rekan aktivis pecinta gunung Semeru dan Merapi. Kegiatan pengibaran BMK di beberapa lokasi, mulai dari kedalaman laut, pesisir hingga ke puncak gunung adalah salah satu cara KeSEMaT untuk aktif mengkampanyekan penyelamatan eksosistem mangrove ke berbagai komunitas dan organisasi yang ada di Indonesia. Semangat MANGROVER!