19.3.12

Serempak, KeSEMaT dan KeMANGTEER Berikan Pengajaran Mangrove ke Empat Sekolah Dasar di Pesisir Semarang!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 17 Maret 2012, mulai pukul 07.30 WIB - 12.00 WIB, puluhan KeSEMaTER dan relawan mangrovenya, yaitu KeMANGTEER telah memberikan pengajaran mangrove kepada para siswa/siswi di empat buah Sekolah Dasar (SD) di pesisir Semarang. Bergerak dengan kendaraannya masing-masing dari Kantor KeSEMaT, mereka memenuhi jalanan di Semarang menuju ke beberapa SD yang berada di sekitar pesisir kota Semarang untuk melanjutkan aksi mereka dalam rangka mengkampanyekan penyelamatan mangrove Indonesia, terutama mangrove di Semarang.

Kegiatan ini, masih merupakan serangkaian acara Mangrove Restoration (MANGRES) 2012. Dalam acara ini, mereka mendatangi empat SD, yaitu SDN 1 Mangkang Kulon, SDN 1 Mangkang Wetan, SDN Trimulyo 1 dan SDN Trimulyo 2. Keempat SD ini dipilih mengingat lokasinya yang berdekatan dengan kawasan mangrove yang rusak, sehingga sangat strategis apabila dilakukan pengajaran mangrove semenjak dini, kepada generasi mudanya.

Sampai di lokasi pengajaran, KeSEMaTER dan KeMANGTEER segera bertemu dengan guru dan kepala sekolah. Dengan sapa dan senyum, mereka meminta ijin untuk memberikan pengajaran tentang mangrove. Siswa dan siswi SD, nampak sangat antusias dengan kedatangan mereka. Adik-adik kecil itu, beramai-ramai masuk ke kelas yang telah disiapkan oleh pihak sekolah. KeSEMaTER dan KeMANGTEER nampak bersemangat dalam memberikan materi mengenai pemanfaatan mangrove serta kegunaannya.

Setelah diskusi dan tanya jawab selesai, KeSEMaTER dan KeMANGTEER meminta kepada “Anak Didiknya” untuk menyampaikan pesan dan kesan serta harapannya untuk mangrove Indonesia Salah seorang siswi kelas 6, bernama Amalina yang bersekolah di SDN 1 Mangkang Wetan memberikan kesannya, yaitu “Kesan kepada Kakak-kakak, baik-baik dan sangat bersemangat. Pesanku, jangan buang sampah sembarangan di mangrove atau dimanapun, ya Teman-teman. Harapanku terhadap mangrove Indonesia, semoga mangrove di Indonesia bisa bangkit dan tumbuh dengan baik dengan bantuan tangan-tangan kita, ini,” tepuk tangan pun mengiringi kembalinya Amalina ke tempat duduknya. Tak lupa, KeSEMaTER dan KeMANGTEER juga berpesan kepada Adik-adiknya, untuk selalu menjaga mangrove di sekitar tempat tinggal mereka. Keseluruhan kegiatan berlangsung baik dan lancar yang ditutup dengan foto bersama dan penyerahan piagam kepada pihak sekolah.