29.3.12

Reportase Pelatihan Pembuatan Proposal Mangrove Departemen Sekretaris KeSEMaT

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 25 Maret 2012, sebagai salah satu program yang bertujuan untuk memberikan pemahaman administrasi dan manajemen yang lebih kepada KeSEMaTER tentang pembuatan proposal dan undangan yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) KeSEMaT, maka KeSEMaT melakukan kegiatan yang bertema “Pelatihan Teknik Pembuatan Proposal dan Undangan”. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Sekretaris. Menurut Sdri. Riana Mentarijuita (MENSEK) program kerja ini telah diinisiasi sejak tahun lalu, namun baru terlaksana tahun ini dengan ketua pelaksana Sdri. Cantika E. Andanari.

Acara yang dimulai dari pukul 15.00 - 17.00 WIB ini mengundang dua orang pembicara dengan dua materi yang berbeda. Pemateri yang pertama adalah Bapak Aris Priyono, ST (DK) yang mengupas tentang “Teknik Pembuatan Proposal dan Undangan,” sesuai dengan SOP KeSEMaT. Materi kedua diisi oleh Sdri. Yulia Ulfah (IKAMaT) yang menjelaskan mengenai hambatan-hambatan dan pengalamannya selama membuat proposal dan undangan. Antusiasme dari KeSEMaTER terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan untuk masing-masing pemateri.

Diakhir acara, disosialisasikan pembagian kelompok yang tujuannya sebagai ajang perlombaan pembuatan proposal untuk KeSEMaTER, agar bisa lebih memahami pembuatan serta struktur dari proposal dan undangan sesuai SOP KeSEMaT. Sepuluh kelompok mendapatkan tema proposal dari kegiatan yang berbeda, diantaranya Mangrove Cultivation, Mangrove Restoration, Mangrove REpLaNT, KeSEMaT Goes To School, KeSEMaT Birthday, Mangrove Training, KeSEMaTCompetition, Mangrove Music Charity, KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR, dan KeSEMaTInaguration.

KeSEMaTER diberikan waktu dua minggu untuk membuat proposal dengan sebaik mungkin. Pengumpulan proposal akan jatuh pada tanggal 7 April 2012 yang dilanjutkan dengan pengumuman proposal terbaik pada tanggal 10 April 2012. Pengkoreksian ini akan dilakukan oleh DK sesuai dengan standarisasi penilaian, bukan hanya dari segi tema yang diangkat, namun lebih dititikberatkan kepada struktur dalam proposal itu sendiri. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan KeSEMaTER semakin bertambah pemahamannya mengenai pembuatan proposal dan undangan berdasarkan SOP KeSEMaT untuk bisa diimplementasikan dalam setiap pekerjaan mangroving KeSEMaT, sehari-hari.