19.3.12

KeSEMaTINAUGURATION 2012, Sukses Besar!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 16 Maret 2012, KeSEMaT sukses menyelenggarakan KeSEMaTINAUGURATION (KI) 2012 : Pelantikan Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XII dan Kabinet KeSEMaT Berdikari Periode 2011/2012. KI 2012 yang diselenggarakan di Aula Gedung Dekanat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang ini, dimulai pada pukul 13.30 WIB – 17.30 WIB dan dihadiri oleh puluhan mitra kerja KeSEMaT, diantaranya Dinas Kehutanan (DINHUT) Kota Semarang, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah, Ketua Jurusan Fakultas Teknik Universitas Pandanaran (UNPAND), PT. MARIMAS, Unit Kegiatan Selam (UKSA) 387, Wapeala UNDIP, Korps Sukarelawan (KSR) UNDIP, Haliaster UNDIP, BEM FPIK UNDIP, Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK) UNDIP, Marine Diving Club, Civitas Akademika 2009 Ilmu Kelautan UNDIP dan masih banyak lagi.

Selain itu, KI 2012 yang sangat megah ini, juga dihadiri oleh puluhan Alumni KeSEMaT yang telah berhasil mengembangkan jaringan mangrove KeSEMaT di Indonesia bahkan dunia yang tergabung dalam Yayasan Ikatan Alumni KeSEMaT (IKAMaT), seperti Bapak Aris Priyono, ST (Pendiri KeSEMaT, KeMANGTEER, CV. KeMANGI), Bapak Arief Marsudi Harjo, S. Kel (Direktur CV. KeMANGI), Bapak Dira Khurniawan, S. Kel. (Dosen FPIK Universitas Brawijaya), Bapak Sapto Pamungkas, S. Kel (KeSEMaTOUR Management) dan IKAMaT lainnya yang memberikan dukungan penuh dan kebanggaannya terhadap perkembangan KeSEMaT di usianya yang menginjak tahun kesebelasnya, ini.

KI 2012 dengan tagline KeSEMaTER REBORN – BORN TO BE MANGROVER ini adalah final dari serangkaian agenda KeSEMaTHUNT – KeSEMaTOUR (KHKT) KeSEMaT 2011 – 2012, dimana KeSEMaT mengadakan regenerasi kepengurusan Anggota KeSEMaT di setiap tahunnya. Bapak Ir. Irwani M.Phil (Pembantu Dekan 3 FPIK UNDIP) juga memberikan sambutannya di KI 2012 ini. Dalam sambutannya, beliau menilai bahwa KeSEMaT sangat kreatif dan “hiperaktif” dalam mengkampanyekan penyelamatan ekosistem mangrove Indonesia dan dunia. Beliau juga kagum kepada KeSEMaT, sebagai Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK) di FPIK UNDIP yang sangat berprestasi dan membanggakan almamater sehingga diharapkan bisa dicontoh dan memberikan inspirasi bagi organisasi lainnya.

Sebelum acara inti, yaitu pelantikan, ditampilkan video prosesi perjalanan KHKT 2012, yang menceritakan kisah para Calon KeSEMaTER dalam menempuh beberapa tahapan, sebelum dilantik secara internal menjadi KeSEMaTER XII di kawasan mangrove Pasar Banggi, Rembang. Video mengenai prestasi KeSEMaT mulai tingkat lokal, nasional, regional bahkan internasional juga diputar untuk menginformasikan kepada tamu undangan bahwa KeSEMaT bukan hanya milik UNDIP saja, tetapi aset Indonesia untuk mengembangkan konsep penyelamatan ekosistem mangrove Indonesia ke pentas dunia.

Pelantikan Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XII dan Kabinet KeSEMaT Berdikari Periode 2011/2012, dilakukan oleh Bapak Yusuf (Kepala Jurusan Ilmu Kelautan FPIK UNDIP). Pelantikan berlangsung khidmat. Setelah melantik, dilakukan penyematan selempang KeSEMaTER secara simbolis oleh Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing KeSEMaT) kepada Anggota baru KeSEMaT Angkatan XII, yaitu Sdri. Agitha F. Hutabarat dan Presiden KeSEMaT Berdikari 2011/2012, Sdr. M. Faisal Rachmansyah. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolisasi rasa syukur kepada Tuhan YME, pengumuman Duta Mangrove KeSEMaT Putra dan Putri (DUMATRA/DUMATRI), live performance dari KeSEMaTUSTIK dan persembahan Tari Payung oleh Ikatan Mahasiswa Minang (IKAMMI) Semarang.

Sekjen KeMANGTEER (KeSEMaT Mangrove Volunteer) Indonesia, Sdr. Taufan Qoriadi juga memberikan sambutannya, kemudian diikuti dengan sambutan dari mitra kerja KeSEMaT lainnya. KI 2012 yang dihadiri tak kurang dari seratus orang ini, berlangsung sukses, megah dan meriah. Setelah semua agenda terlewati, KI 2012 ditutup dengan doa dan foto bersama. Semangat MANGROVER!