15.7.12

Asyiknya MANGROVING, Berbagi Ilmu Mangrove ke Warga Pesisir Pantura!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Lihatlah foto di samping ini, inilah kami, para KeSEMaTER yang sedang “bercengkerama” dengan warga pesisir di Demak dan Semarang, dalam rangka pelatihan Kebun Bibit Rakyat (KBR) 2012, yang diinisisasi oleh Dinas Pertanian di kota masing-masing. Selama dua hari berturut-turut, kami memberikan pelatihan tentang Ekosistem Mangrove, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Teknik Rehabilitasi Mangrove kepada ratusan Bapak dan Ibu kelompok tani dan nelayan yang berasal dari pesisir Demak dan Semarang. 

Pelatihan pertama, dilakukan di Sanggar Pramuka Demak dan pelatihan kedua dilakukan di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) Teluk Awur, Jepara. Di setiap pelatihan ruangan dan praktek langsung di lapangan yang kami adakan, tak lupa kami selalu membawa contoh-contoh produk mangrove, seperti makanan dan minuman serta batik mangrove.

Pembagian buku mangrove gratis (buku resep penganan dan teknik merehabilitasi mangrove yang baik dan benar), juga selalu menjadi prosesi di akhir pelatihan mangrove kami, untuk memberikan “kail” kepada mereka, sebagai bekal pengetahuan dalam mengelola mangrove di area kerja mereka, masing-masing.

Berbagi pengetahuan mangrove memang menyenangkan, dan asyiknya MANGROVING memang tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Semangat MANGROVER!