14.7.12

KeSEMaT Beri Pelatihan Mangrove kepada Kelompok Tani KBR Tugurejo Semarang di MECoK Jepara

Jepara – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 12 Juli 2012, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Aris Priyono, ST (DK) dan Bapak Abdul Rohman Zaky (IKAMaT) telah memberikan pelatihan mangrove di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) di Teluk Awur, Jepara. Acara pelatihan mangrove ini, merupakan serangkaian kegiatan dalam program Kebun Bibit Rakyat, yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian Kota Semarang. Didampingi oleh Bapak dan Ibu dari Dinas Pertanian Semarang, para peserta pelatihan KBR nampak antusias dalam mengikuti semua kegiatan pelatihan mangrove yang disampaikan oleh KeSEMaT.

Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan pelatihan mangrove di ruangan. Pelatihan ini dipandu langsung oleh Bapak Aris Priyono, ST (DK) yang memberikan pelatihan mengenai Ekosistem Mangrove, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Teknik Rehabilitasi Mangrove kepada kurang lebih 50 orang peserta pelatihan KBR. Pelatihan ini berlangsung kondusif, dimana para peserta pelatihan mengaku mendapatkan pencerahan setelah mengikuti pelatihan ini. Mereka baru mengetahui bahwa ternyata mangrove memiliki manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan taraf ekonomi mereka, karena bisa diolah menjadi makanan dan minuman, batik mangrove dan lain sebagainya.

Setelah mendapatkan pelatihan mangrove di ruangan, Bapak dan Ibu peserta KBR langsung menuju ke MECoK, untuk mendapatkan pelatihan cara mengelola mangrove dengan baik dan benar. Para peserta pelatihan langsung mempraktekkan cara menanam dan memelihara mangrove, yang dipandu langsung oleh Bapak Zaky dan para praktisi mangrove KeSEMaT lainnya. Pelatihan mangrove di lapangan ini berlangsung dengan baik dan lancar, bahkan beberapa peserta juga meminta ijin kepada KeSEMaT untuk bisa membawa puluhan buah mangrove untuk dibibitkan di Semarang. Acara KBR ditutup dengan penutupan dan foto bersama.