20.7.12

KeSEMaT Hadiri Konsultasi Publik Rencana Kehutanan Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 16 - 17 Juli 2012, KeSEMaT telah menghadiri acara Konsultasi Publik Sinkronasi Rencana Kehutanan Tingkat Nasional (RKTN) dengan Rencana Kehutanan Tingkat Provinsi (RKTP) Jawa Tengah, yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Bertempat di Hotel Grasia Semarang, kali ini KeSEMaT diwakili oleh Bapak Aris Priyono (DK), Sdr. Oky Yuripa Pradana (IKAMaT), Sdr. Ganis Riyan Efendi (MENWEBNET) dan Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN).

Pada tanggal 17 Juli 2012, acara diawali dengan pembukaan, pada pukul 09.00 WIB. Acara berikutnya adalah pemaparan oleh empat narasumber dari instansi yang berbeda. Pemaparan pertama, yaitu dari Pusat Studi Agroekologi UGM dengan materinya Penyusunan RKTP Jawa Tengah Tahun 2011-2030. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kepala BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah dengan materinya Implementasi RT RW Provinsi Jawa Tengah dalam Perencanaan Wilayah Sektor Kehutanan. Berikutnya, Lektor Lab. Pengembangan Wilayah dan Manajemen Lingkungan, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, menyampaikan materi berupa Telaah RKTP Jawa Tengah dalam Aspek Tata Ruang Wilayah. Pemateri terakhir dari Direktur Perencanaan Kawasan Hutan Ditjen. Planologi Kementerian Kehutanan, dengan materinya, yaitu Sinkronisasi RKTN 2011-2030 dengan Rencana Kehutanan Daerah.

Secara umum, pemateri menyampaikan tentang hal-hal yang harus dilakukan dan diimplementasikan terkait kondisi hutan saat ini dan kondisi hutan dimasa yang akan datang, sehingga diharapkan, hutan di Jawa Tengah dapat mencapai target RKTN. Hal lain yang juga disampaikan adalah terkait kelestarian hutan yang harus dijaga oleh seluruh elemen masyarakat Jawa Tengah dan Indonesia. Acara selanjutnya adalah diskusi yang dipandu oleh moderator. Banyak dari peserta yang memberikan saran dan masukan guna menyempurnakan RKTP yang nantinya akan disahkan. Acara yang selesai pukul 15.00 WIB ini, diakhiri dengan penyampaian Rumusan Rapat Konsultasi Publik oleh Kabid. Planologi Kehutanan, dan ditutup oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah.