15.7.12

KeSEMaT Hadiri Simulation Software for Understanding of The River Environment, Magister Biologi MIPA UNDIP

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 14 Juli 2012, KeSEMaT telah menghadiri acara Pelatihan “SimRiver” - Simulation Software for Understanding of The River Environment yang diselenggarakan oleh program studi Magister Biologi Fakultas MIPA Universitas Diponegoro. Pada kesempatan kali ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Oky Yuripa Pradana (IKAMaT), Sdr. Ganis Riyan Efendi (MENWEBNET), Sdr. Bagus Rahmat (Staf MENPUSMAT) dan Sdr. Gempar Tri Asmara (Staf MENKEU).

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa UNDIP, beberapa LSM di Semarang, dan dinas-dinas terkait ini, dilangsungkan di Ruang LP2MP Gedung Widya Puraya lantai 2. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Bapak Dr. Muhammad Nur, DEA (Dekan FSM UNDIP) dan dilanjutkan dengan coffee break. Selanjutnya, dilakukan pemaparan materi pertama, mengenai Bioindikator dan Kualitas Air oleh Dr. Tri Retnaningsih Soeprobowati, MappSc. Materi yang disampaikan berisi tentang pengenalan diatom dan pengertiannya. Selain itu, dijelaskan juga tentang penggunaan software SimRiver yang digunakan untuk mengetahui kondisi suatu perairan sungai dari hulu hingga hilir tersebut, bersih atau tercemar.

Kemudian, materi yang kedua disampaikan oleh Drs. Koen Praseno, SU dengan tema Biomanajemen. Materi ini berisi tentang pengelolaan berbasis aspek kehidupan yang didalamnya bersentuhan langsung dengan organisme tertentu sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Seusai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan Simulasi SimRiver dengan menggunakan software secara langsung dengan para peserta pelatihan yang hadir. Acara diakhiri dengan penutupan dan foto bersama.