30.7.12

Press Release Mangrove Music Charity 2012 : Harmony Ramadhan For Mangrove

LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis biota tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa Tengah berada dalam tingkatan yang sangat mengkhawatirkan. Menurut data Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, hutan mangrove Kota Semarang, yang rusak atau hilang mencapai 11 ha dari total luasan hutan mangrove 36, 51 ha.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh barokah karena Allah memberikan kesempatan selebar-lebarnya kepada umat Islam untuk melakukan kebaikan guna menggapai kemenangan dan mempererat tali ukhuwah. Bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk bersedekah, karena pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Memperhatikan kondisi tersebut di atas, maka KeSEMaT berinisiatif menyelenggarakan program Mangrove Music Charity (MMC) 2012 : Harmony Ramadhan For Mangrove dengan menawarkan konsep yang berbeda, yaitu memadukan antara jiwa kreatifitas musik berlirik mangrove dan jiwa konservasi mangrove di kalangan generasi muda sehingga dapat menumbuhkan semangat berbagi untuk penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah dengan bentuk kegiatan penyuluhan mangrove, konser musik penggalangan dana bernuansa ramadhan dan buka puasa bersama di bulan Ramadhan. 

TUJUAN UMUM
Melakukan kampanye penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah dengan program Mangrove Music Charity (MMC) 2012 : Harmony Ramadhan For Mangrove di kalangan pelajar Indonesia.

TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya pelajar akan pentingnya ekosistem mangrove, khususnya kepada para generasi muda di Semarang dan sekitarnya.
2. Menumbuh jiwa konservasi mangrove kepada masyarakat khususnya pelajar.
3. Meningkatkan semangat berbagi untuk penyelamatan mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah.
4. Membantu program penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah. 5. Menjalin kerjasama dengan semua pihak dalam rangka penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah.

DESKRIPSI KEGIATAN
Road Show Harmony Ramadhan For Mangrove
KeSEMaT melakukan rangkaian kegiatan penyuluhan mangrove, konser musik penggalangan dana bernuansa ramadhan untuk penyelamatan mangrove dengan mengundang KeSEMaTUSTIK, sebagai band berlirik mangrove. Adapun sasaran utama kegiatan ini adalah Pelajar SMP, Pelajar SMA, donatur, sponsor, masyarakat umum, dan KeMANGTEER ( KeSEMaT Mangrove Volunteer ) selama 9 hari di SMP/SMA di Semarang.

Acara Puncak Road Show Harmony Ramadhan For Mangrove
Acara puncak dari kegiatan Road Show Harmony Ramadhan For Mangrove di beberapa SMP/SMA di Semarang adalah buka bersama dilanjutkan perhitungan koin yang terkumpul selama kegiatan Road Show Harmony Ramadhan For Mangrove berlangsung.

Pemberian Bantuan
Pada tahap ini, Panitia MMC 2012 akan menyerahkan donasi hasil penggalangan dana melalui konser musik mangrove bernuansa ramadhan kepada KUMANG (Koin Untuk Mangrove) KeSEMaT. Selanjutnya, bantuan dana akan digunakan oleh KeSEMaT untuk membiayai program-program konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove di area Pantai Utara Jawa Tengah.

KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MMC 2012 bisa ditujukan kepada:

Sdr. Galih Eko Nugroho
Staf Menteri Komunikasi dan Publikasi
HP. +6283842721292 P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id