29.7.12

Sinergi, PT. Indonesia Power dan KeSEMaT Akan Hijaukan Pesisir Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 25 Juli 2012, bertempat di Tambak Lorok, Semarang, KeSEMaT telah melakukan survei lokasi penanaman untuk program penghijauan di kawasan PT. Indonesia Power (IP), Semarang. Kali ini, KeSEMaT diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo, S.Kel (DK), Sdr. Handung Nuryadi, S.Kel (IKAMaT), Sdr. Ganis Riyan Efendi (MENWEBNET) dan Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN). Kegiatan dimulai pada pukul 09.30 WIB – 12.00 WIB, yang diawali dengan perkenalan dan diskusi tentang konsep rencana penghijauan kawasan IP Semarang untuk beberapa tahun ke depan. 

Sebagai informasi, area kerja IP sebenarnya sudah ditumbuhi tumbuhan darat, seperti sawo kecik. Namun demikian, disaat musim kemarau dan naiknya rob, tanaman tersebut banyak yang mengalami kematian. Oleh karena itu, penghijauan di kawasan ini, direncanakan akan diuji coba dengan tumbuhan pesisir yang tahan terhadap kondisi rob, dalam hal ini mangrove mayor, minor dan asosiasi.

Setelah diskusi selesai, selanjutnya KeSEMaTER langsung melakukan survei lokasi secara langsung dengan cara mengelilingi kawasan IP. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT telah memberikan beberapa alternatif jenis tumbuhan mangrove yang rencananya akan ditanam di beberapa titik di area kerja IP. Diharapkan, setelah program penghijauan selesai dilaksanakan, kegiatan ini akan berdampak baik bagi kawasan pesisir Semarang yang memang mengelilingi area kerja IP.