26.11.13

Ajarkan Mangrove Kepada Anak-anak, KeSEMaT Pentaskan Drama Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada hari Sabtu, 24 November 2013, KeSEMaT bersama Nature PotTrack melakukan pengajaran dan sosialisasi kepada 20 anak-anak umur 3 - 12 tahun di SOS, Banyumanik, Semarang. Pengajaran dan sosialisasi yang bertemakan Mangrove For The Future ini bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya mangrove bagi kehidupan manusia di masa depan, semenjak dini.

Rangkaian acara yang berlangsung selama tiga jam, dimulai dari pukul 15.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB, diawali dengan memutar video mengenai kerusakan mangrove, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai ekosistem mangrove yang disampaikan oleh Sdr. Kamto Wahyono (DP).

Setelah pemaparan materi selesai, anak anak kemudian dibagi kedalam empat kelompok dan diajak bermain dengan malam (lilin) untuk membuat kerajinan tangan yang berhubungan dengan ekosistem mangrove.

Antusiasme mereka terlihat dari banyaknya pertanyaan dan keaktifan selama pemaparan materi, serta terlihat dari hasil kerajinan tangan mereka yang beraneka ragam, seperti berbentuk pohon, akar mangrove, dan biota mangrove.

Selanjutnya, anak-anak diajak dalam pementasan drama mangrove. Anak anak dibagi kedalam beberapa kelompok, ada kelompok yang berperan sebagai, ombak, rumah, pohon mangrove, dan biota mangrove.

Dalam drama yang berdurasi kurang lebih 20 menit ini, menceritakan mengenai kondisi kehidupan biota laut, seperti kepiting, ikan gelodok, burung pantai, dan lain-lain yang keberlangsungan hidupnya bergantung kepada pertumbuhan mangrove, karena tumbuhan mangrove berfungsi sebagai habitat tempat mencari makan, pemijahan, dan pengasuhan mereka.

Di akhir acara, anak-anak dan para orang tua berkumpul di pendopo untuk mengumumkan pemenang karya lilin terbaik. Kemudian, acara ditutup dengan sesi foto bersama dan pengarahan acara penanaman pada hari kedua di Desa Bedono, Demak. Salam MANGROVER!