21.11.13

Wah, Pertumbuhan Mangrove di Demak Lebih Cepat Dibandingkan di Teluk Meksiko!

Demak – KeSEMaTBLOG. KeSEMaTER telah memonitoring mangrove di Demak, bersama Mr.Peter Lowe, setelah sebelumnya Sdr. Amrullah Rosadi (Presiden) dan Sdr. Vera Chandra Puspitasari (MENPUSMAT) melaksanakan presentasi program KeSEMaT kepada Mr. Peter Lowe, mantan pejabat Departemen Lingkungan, Amerika Serikat.

Mr. Lowe sangat antusias dan ingin mengunjungi kawasan pesisir di Jawa Tengah. Pada hari Sabtu, 16 November 2013, Mr. Lowe dan Sdr. Amrul dan Sdri. Vera melaksanakan monitoring di Desa Timbulsloko dan Desa Bedono, Demak.

Mr. Lowe menyaksikan secara langsung rusaknya desa tersebut karena abrasi dan hilangnya ekosistem mangrove. Beliau juga meninjau langkah masyarakat untuk menyelamatkan desa mereka dengan membuat pembibitan mangrove dan melaksanakan program penanaman mangrove dari pemerintah dan swasta.

Beliau juga sangat terkejut ketika mengetahui bahwa umur mangrove yang direhabilitasi di desa tersebut sudah hampir 20 tahun dan sudah cukup tinggi.

Menurutnya, pertumbuhan mangrove di sini sangat cepat, berbeda dengan mangrove yang pernah beliau temukan di kawasan selatan Amerika Serikat hingga Teluk Meksiko. “I’m very surprised when I knows those mangrove age nearly two decades,” katanya.

Kunjungan diakhiri dengan beberapa kesimpulan dan rekomendasi program mangroving ke depan, untuk mengkampanyekan mangrove secara lebih luas, tak hanya di Indonesia tapi juga manca negara. Semangat MANGROVER!