21.11.13

KeSEMaT Tanam dan Pelihara 10.000 Bibit Mangrove di Demak

Demak – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 3 November 2013, mulai pukul 04.30 WIB peserta Mangrove REpLaNT 2013 sudah bangun, mengikuti sesi ibadah dan senam. Setelah senam, peserta makan pagi, bersih diri dan persiapan menuju desa Timbulsloko, Demak tempat pelatihan penanaman mangrove.

Pada pukul 09.00 WIB peserta tiba ditempat penanaman dan mengikuti acara simbolisasi penanaman yang dihadiri oleh Kepala Desa Timbulsloko, Camat Sayung, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak, serta stakeholder lainnya yang merupakan mitra kerja dari KeSEMaT.

Simbolisasi ditandai dengan penyerahan bibit mangrove dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak kepada Presiden KeSEMaT. Selepas simbolisasi, peserta serentak melakukan penanaman 10.000 bibit mangrove di desa Timbulsloko.

Selesai penanaman, bibit mangrove yang sudah ditanam oleh peserta MR 2013 bersama mitra kerja KeSEMaT akan dimonitoring dan dipelihara oleh KeSEMaT bersama kelompok tani Sidodadi Maju, dengan cara melakukan program Monev (Monitoring dan Evaluasi) setiap tiga bulan sekali selama satu tahun. Monev berupa penyulaman, penjarangan, serta teknik – teknik perawatan lainnya. Semangat MANGROVER!