24.2.14

Ikan Gelodok, Ikan Mangrove yang Bisa Berkedip!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Menurut Priyono (2004), salah satu binatang yang hidup di mangrove adalah Ikan Gelodok. Ikan ini menghabiskan hidupnya di perairan mangrove. Ikan lucu ini memiliki mata yang mononjol keluar. Selain itu, dia juga mampu berjalan dengan “kaki palsunya”-nya.

Sebenarnya kaki ini adalah siripnya yang telah mengalami adaptasi, sehingga menjadi kuat, dan bisa digunakan untuk berjalan di lumpur mangrove. Yang unik adalah matanya bisa berkedip! Ikan Gelodok disebut juga dengan Mudskipper. Dia adalah ikan lumpur yang lucu. Ikan gelodok bisa berjalan dan berlompatan diantara akar-akar mangrove.

Ikan ini merupakan keluarga dari Gobiidae. Dia memiliki mata yang menonjol keluar. Matanya berfungsi maksimal saat melihat pemangsanya dari jauh. Kemampuannya untuk hidup di dua alam, menjadikan binatang ini sangat tangguh.

Ikan Gelodok, memiliki kemampuan berjalan dengan kaki palsunya. Sebenarnya kaki ini adalah sirip dadanya yang telah mengalami adaptasi, sehingga menjadi kuat, dan bisa digunakan untuk berjalan di lumpur mangrove.

Tak salah kalau disebut ikan bermata kodok. Tidak semua Ikan Gelodok hidup di lumpur mangrove, ada juga yang hidup di muara atau saluran air yang masuk ke dalam hutan mangrove.