12.2.14

Reportase Tahapan Diklat Mangrove dan Ujian Diklat Mangrove, KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR 2014

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 30 - 31 Januari 2014, Panitia KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2014 telah menyelenggarakan Tahapan Diklat Mangrove (DIKROVE) yang diadakan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Diponegoro (UNDIP) Tembalang, Semarang.

Tahapan DIKROVE ini merupakan salah satu rangkaian KHKT 2014 yang dimulai pada pukul 08.00 WIB – 16.30 WIB, selama dua hari. DIKROVE dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh Ketua Panitia Sdri. Nur Fitriana Haryanto (MENSEK) dan Presiden KeSEMaT Sdr. Dinuarca Endra Wasistha.

Setelah itu, berbagai materi pengetahuan mangrove dan organisasi, diberikan oleh para KeSEMaTER yang duduk dalam Kabinet KeSEMaT Adiwarna kepada 20 Calon Anggota KeSEMaT (CAMaT) Angkatan XIV.

Materi mangrove yang dipresentasikan selama Tahapan DIKROVE KHKT 2014, diantaranya adalah Pengertian, Fungsi dan Pemanfaatan Mangrove, Pembibitan, Penanaman dan Pemeliharaan Mangrove, Identifikasi Flora dan Fauna Mangrove, Pemetaan Mangrove, Metode dan Penelitian Mangrove serta Ekstraksi Mangrove. Tidak hanya itu, KeSEMaT juga memberikan pengetahuan tentang Teknik Lobbying, Teknik Pembuatan Proposal dan pengetahuan keorganisasian lainnya di tahapan ini.

Selain materi ruangan, DIKROVE KHKT 2014 juga diisi dengan beragam permainan yang bertujuan untuk mengajarkan kekompakan dan kerjasama antara CAMaT XIV, sebelum bekerja di KeSEMaT. Keseluruhan Tahapan DIKROVE KHKT 2014 berjalan dengan baik dan lancar.

Pada tanggal 2 Februari 2014, para CAMaT Angkatan XIV, telah mengikuti Tahapan Ujian DIKROVE yang diselenggarakan oleh Panitia KHKT 2014. Tahapan ini diikuti oleh 19 orang CAMaT terpilih yang sebelumnya telah lolos di Tahapan DIKROVE.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB – 16.45 WIB. Para CAMaT melalui dua sesi ujian, yaitu ujian tertulis dan ujian presentasi dan wawancara.

Di ujian tertulis, para CAMaT XIV diwajibkan menjawab beberapa soal tertulis yang berhubungan dengan materi-materi yang telah diberikan selama Tahapan DIKROVE.

Sementara itu, di ujian presentasi dan wawancara, para CAMaT XII diwajibkan mempertahankan presentasi mangrovenya di hadapan Tim Penguji Tahapan Ujian DIKROVE.

Keseluruhan acara berjalan lancar. Para CAMaT yang lolos di tahapan ini, akan menempuh tahapan selanjutnya, yaitu TM KeSEMaTOUR 2014.