19.2.14

KKMKS Bersiap Kelola Mangrove dan Pesisir Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 18 Pebruari 2014, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Ganis Riyan Efendi (IKAMaT) dan Sdr. Kamto Wahyono (IKAMaT) telah menghadiri Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Mangrove Kota Semarang (KKMKS) di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian Kota Semarang. Dimana, untuk tahun 2014-2016, Sekretariat KKMKS berpindah ke Dinas Pertanian Kota Semarang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sebagai informasi, tiga tahun sebelumnya, Sekretariat KKMS berada di Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang.

Selain KeSEMaT, rapat yang dimulai pada pukul 09.00 – 12.00 WIB ini, dihadiri oleh berbagai macam instansi, LSM dan Akademisi yang tergabung dalam Anggota KKMKS, diantaranya adalah Bappeda Kota Semarang, Badan Lingkungan Hidup Kota Semarang, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, LP2M Unnes dan Bintari.

Pada pertemuan kali ini, rapat membahas mengenai program-program yang akan disusun dan dilaksanakan pada tahun 2014-2016. Secara keseluruhan, program KKMKS meliputi sosialisasi, kelembagaan, aksi penanaman mangrove, program pemberdayaan masyarakat, pendidikan mangrove dan kampanye mangrove di Kota Semarang serta pelaporan program.

Selanjutnya, program-program dan sinergitas serta penggunaan website dan media sosial, seperti Facebook dan Twitter KKMKS sebagai media kampanye mangrove, akan lebih ditingkatkan kembali.

Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi mengenai kegiatan KKMKS sehingga masyarakat luas akan mengetahui manfaat mangrove dan mengetahui mengenai manfaat sebelum dan sesudah terbentuknya KKMKS itu sendiri.

Setelah rapat ini, akan segera dilakukan pertemuan lanjutan antara semua anggota KKMKS untuk menetapkan usulan-usulan program yang akan dilaksanakan selama tiga tahun ke depan.

Semoga dengan adanya KKMKS ini, mangrove di Kota Semarang akan semakin terlindungi, terkelola dan masyarakat pesisir semakin menyayangi mangrove itu sendiri. Amin. Salam MANGROVER!