12.2.14

Reportase KeSEMaTOUR 2014 : Pelantikan Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XIV

Kulonprogo – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 7 - 9 Februari 2014, KeSEMaT sukses melaksanakan program KeSEMaTOUR 2014 (KT) yang merupakan tahapan terakhir dari seluruh rangkaian program Open Recruitment Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XIV, KeSEMaTHUNT – KeSEMaTOUR (KHKT) 2014 : BERBURU KeSEMaTER, UKIR PRESTASI BANGUN NEGERI.

Acara tersebut dilaksanakan di Desa Jangkaran, Dusun Pasir Mendit, Kabupaten Kulonprogo. KT merupakan tahapan penerimaan dan pelantikan CAMaT (Calon Anggota KeSEMaT) XIV menjadi ABK (Anggota Baru KeSEMaT), yang sekaligus sebagai kegiatan peninjauan langsung ke suatu kawasan mangrove, untuk meningkatkan kualitas keilmuan-mangrove, para Anggota KeSEMaT.

Di hari pertama, para CAMaT XIV berkumpul di Gedung Serba Guna (GSG) UNDIP untuk melakukan registrasi. Kemudian, acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua Panitia Sdri. Nur Fitriana Haryanto (MENSEK), kemudian dilanjutkan sambutan oleh Presiden KeSEMaT Sdr. Dinuarca Endra Wasistha. 

Setelah registrasi dan sambutan, para peserta menunjukkan kekompakkannya di hadapan para panitia KHKT 2014 dan CAMaT XIV lainnya, dengan jargon mangrove masing-masing kelompok. Sebelum berangkat ke Desa Jangkaran, Dusun Pasir Mendit, Kabupaten Kulonprogo, acara dilanjutkan dengan foto bersama.

Sesampainya di Kulonprogo, para CAMaT XIV mendirikan tenda dan melaksanakan ISHOMA. Pada malam harinya, para KeSEMaTER dan CAMaT XIV disambut dengan ramah - tamah oleh Bapak Warso Sumito, selaku Ketua Kelompok Tani Warna Tirta di Desa Jangkaran, Dusun Pasir Mendit, Kabupaten Kulonprogo.

Setelah sarasehan, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan transek oleh para CAMaT XIV. Setelah lelah dengan kegiatan pada hari pertama, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat.

Keesokan harinya, para CAMaT XIV melakukan sholat berjamaah, senam pagi, sarapan, dan permainan kebersamaan, yang dipimpin oleh panitia KT 2014.

Acara selanjutnya, briefing, pengarahan dan persiapan pengambilan data mangrove oleh koordinator lapangan, sebelum menuju ke lokasi pengambilan transek mangrove. Setelah pengarahan, KeSEMaTER dan CAMaT XIV langsung menuju ke lokasi.

Di lokasi, para CAMaT XIV diajarkan proses pengambilan data mangrove di lapangan oleh Sdr. Yeremia Septian Agung Wibowo (MENWIRA). Di lokasi tersebut, terdapat beberapa jenis mangrove, diantaranya Rhizophora mucronata, R. stylosa, R. apiculata, Avicennia marina, Sonneratia alba dan jenis mangrove lainnya.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pengolahan data. Pada sore harinya, dilakukan presentasi nama masing - masing kelompok, dan debat mangrove. Sedangkan pada malam harinya, diadakan api unggun, pentas seni dan renungan malam.

Setelah menjalankan aktivitas di hari kedua, keesokan harinya dilanjutkan dengan perjalanan menuju bedeng, penanaman mangrove, dan siang harinya dilaksanakan upacara pelantikan 16 CAMaT Angkatan XIV. 

Setelah melaksanakan seluruh rangkaian acara pada tahapan KeSEMaTOUR 2014, para CAMaT melaksanakan ISHOMA, dan terakhir ditutup dengan berpamitan kepada Bapak Warso Sumito dan warga sekitar, serta foto bersama.

Kemudian, para KeSEMaTER dan ABK melanjutkan perjalanan menuju ke Semarang dan berkumpul kembali di GSG UNDIP, sebagai acara penutup dari tahapan rangkaian KHKT 2014. Acara diakhiri dengan doa dan foto bersama. Salam MANGROVER!