27.7.10

Meriahnya Pelatihan Pengenalan Mangrove MANGROVE REpLaNT 2010 di MECoK Jepara

Jepara - KeSEMaTONLINE. Dengan didampingi oleh para Praktisi Mangrove KeSEMaT, para peserta MANGROVE REpLaNT (MR) 2010, di hari keduanya (24/07) mulai pukul 05.30 WIB, telah melakukan kegiatan jalan-jalan dan susur pantai ke Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) di Teluk Awur Jepara, dengan tujuan untuk mengenal berbagai spesies mangrove yang telah mulai dibudidayakan oleh KeSEMaT semenjak tahun 2001 sampai dengan sekarang.

Peserta dibagi menjadi empat kelompok yang masing-masing dipandu oleh dua orang Praktisi Mangrove KeSEMaT. Dalam kesempatan ini, peserta MR 2010 dikenalkan dengan kurang lebih 30-an spesies flora dan fauna mangrove yang mendiami MECoK yang beberapa diantaranya telah didatangkan oleh KeSEMaT dari beberapa lokasi mangrove di Indonesia, seperti dari Bali dan Cilacap dengan tujuan untuk pengkayaan spesies.

Peserta MR 2010 nampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini sehingga membuat suasana menjadi meriah. Berbagai pertanyaan seputar mangrove, mulai dari ilmu dasar hingga kebijakan, sering ditanyakan oleh peserta MR 2010 kepada para Praktisi Mangrove KeSEMaT. Setelah semua materi mengenai pengenalan mangrove disampaikan, maka Praktisi Mangrove KeSEMaT meminta setiap kelompok peserta MR 2010 untuk berkumpul dan berdiskusi sebentar mengenai pengelolaan ekosistem mangrove yang kemudian diakhiri dengan sebuah kesimpulan dan foto bersama di depan papan nama MECoK. Semangat MANGROVER!