21.7.10

Tolong Kami, Janganlah Menanam Mangrove Sembarangan!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Foto di samping ini, kami abadikan pada saat kami diundang oleh salah satu institusi di Semarang, untuk turut serta meramaikan acara-seremonial penanaman puluhan ribu bibit mangrove, mereka. Acara penanaman mangrove yang bertujuan sangat mulia untuk turut serta membantu mangrove dan alam pesisir Indonesia dalam mengembalikan fungsinya ke keadaan semula ini, berlangsung sangat meriah karena dihadiri oleh ratusan orang dari komunitas dan afiliasi institusi tersebut. Namun sayang, didalam pelaksanannya, kiranya ada beberapa hal yang sangat mengganggu, yang salah satunya adalah lokasi penanaman mangrovenya yang salah, yang fotonya telah kami abadikan di samping, ini.

Apabila Anda perhatikan dengan baik, maka bibit mangrove jenis Rhizophora memang telah ditanam dengan baik. Namun demikian, penanamannya di lapangan berumput yang substratnya adalah tanah-kerikil-berpasir tanpa pasang surut dan jauh dari pantai adalah sebuah kesalahan. Teknik penanamannya sebenarnya “agak benar”, yaitu telah ditancapkan dengan baik ke tanah. Namun begitu, walaupun telah menggunakan ajir bambu dan tali rafia, ajir tidak difungsikan sebagai penahan bibit mangrove yang telah ditanam melainkan hanya diikat dengan tali rafia satu dengan yang lainnya dengan tujuan sebagai penanda titik-titik lokasi penanaman. Tentu, ini adalah satu hal yang patut disayangkan.

Selanjutnya, sebenarnya kami tidak menduga sama sekali apabila panitia acara akan memperlakukan ribuan bibit-bibit mangrove sedemikian rupa sehingga telah menanamnya bagaikan tumbuhan darat di tanah lapang. Tak adanya informasi yang cukup mengenai mangrove, kami rasa telah menjadi penyebab utamanya. Untuk itulah, selepas acara seremonial, kami langsung menghubungi panitia acara dan meminta mereka untuk mempertimbangkan kembali konsep acara mereka demi mencegah kematian bibit mangrove secara massal.

Dari kejadian ini, kami menghimbau kepada masyarakat luas agar tidak sembarangan lagi didalam melakukan program-program penanaman mangrove. Sebelum mengadakan program penanaman mangrove, hendaknya mencari referensi yang cukup mengenai ekologi mangrove dan apabila diperlukan sebaiknya meminta pendampingan penanaman mangrove dari para organisasi dan atau institusi mangrove yang terdekat di lokasi masing-masing. Hal ini dilakukan, untuk mencegah matinya ribuan bibit mangrove yang telah ditanam agar penyelamatan ekosistem mangrove di pesisir-pesisir Indonesia dan dunia akan berjalan lebih optimal. Semangat MANGROVER!