27.7.10

Serunya Pelatihan Pembuatan Makanan Berbahan Dasar Mangrove di MANGROVE REpLaNT 2010!

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pelatihan Pembuatan Makanan Berbahan Dasar Mangrove, diselenggarakan setelah Seminar Nasional MANGROVE REpLaNT (MR) 2010 selesai dilaksanakan. Bertempat di Kampus Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Teluk Awur Jepara, pelatihan yang dimulai pada pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB ini, dibimbing langsung oleh Ibu Dyah Ilminingtyas dan Ibu Ninik Rustansti, dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian dari Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG) Semarang.

Dalam kesempatan ini, panitia MR 2010 memperkenalkan kepada para peserta MR 2010 mengenai teknik pengolahan buah mangrove jenis Bruguiera gymnorrhiza (baca: LINDUR) yang dimasak menjadi dua jenis makanan, yaitu kue coklat brownies dan stick mangrove yang disebut peserta MR 2010 sebagai Bruguiera gymnorrhiza Stick (BUGISTIK).

Pelatihan diawali dengan pemberian materi berupa presentasi mengenai “Pengolahan Pangan Berbahan Dasar Mangrove”, yang kemudian diikuti dengan tanya jawab dan diskusi. Setelah itu, pelatihan dilanjutkan dengan praktek langsung pembuatan dua jenis masakan yang telah disebutkan di atas, yaitu kue coklat brownies dan BUGISTIK.

Peserta dibagi menjadi dua buah kelompok yang kemudian dipersilahkan oleh panitia MR 2010 untuk maju ke depan dan mempraktekkan secara langsung pembuatan makanan bersama dengan dua trainer pelatihan, yaitu Ibu Dyah dan Ibu Ninik.

Pelatihan pembuatan makanan mangrove ini berlangsung seru, karena setiap peserta nampak antusias dalam memasak kedua jenis makanan sampai selesai untuk kemudian dinikmati secara bersama oleh semua peserta dan panitia. Di akhir acara, pelatihan ditutup dengan kesimpulan, penutupan dan foto bersama.

No comments:

Post a Comment