28.7.10

Hangatnya Penyuluhan Pemeliharaan Mangrove di MANGROVE REpLaNT 2010!

Jepara - KeSEMaTBLOG. Dengan tujuan untuk memberikan informasi dan penyuluhan mangrove kepada para peserta MANGROVE REpLaNT (MR) 2010 mengenai teknik penyulaman mangrove dan tips untuk menjaga kelulushidupannya agar bisa berjalan secara optimal, maka pada tanggal 25 Juli 2010, mulai pukul 05.30 WIB – 07.00 WIB, panitia MR 2010 telah mengadakan kegiatan penyuluhan mangrove di MECoK dengan cara mengajak para peserta MR 2010 berkunjung ke salah satu titik di MECoK yang memiliki tingkat kesulitan penanaman mangrove yang lumayan tinggi. Beberapa kali KeSEMaT telah melakukan program penanaman mangrove di titik ini, dan beberapa kali pula, kelulushidupannya tidak terlalu optimal.

Kelulushidupan yang kurang optimal, disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya sistem penggenangan yang kurang baik, tidak adanya saluran air, hama, ketidaksesuaian substrat dengan bibit mangrove yang telah ditanam dan lain-lain. Hal-hal inilah, yang kemudian disampaikan oleh para trainer pelatihan mangrove KeSEMaT kepada para peserta MR 2010, yang dipimpin oleh Sdr. Farhan Pramudito (DP) dan Sdr. Abdul Rohman Zaky (DP), yang selanjutnya juga menjelaskan bahwa program penanaman mangrove tidak seharusnya dipaksakan.

Artinya, apabila terdapat sebuah lokasi di pesisir yang tidak merupakan habitat mangrove, maka tidak semestinya dilakukan penanaman mangrove di lokasi tersebut. Dalam kesempatan ini, para praktisi mangrove KeSEMaT tersebut juga menjelaskan mengenai beragam teknik penyulaman dan pemeliharaan terhadap bibit-bibit mangrove yang telah berhasil ditanam.