21.6.16

KeSEMaT Hadirkan KeSEMaTPEDIA: Info, Data dan Fakta Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Bertujuan untuk menghimpun semua info, data dan fakta yang terangkum dalam perjalanan para KeSEMaTER dalam ber-mangroving ke berbagai lokasi di Indonesia bahkan dunia, KeSEMaT menghadirkan KeSEMaTPEDIA sebagai sebuah portal mangrove online berbasis riset.

"KeSEMaTPEDIA sudah lama hadir, diluncurkan beberapa tahun yang lalu dan saat ini terus di-update untuk menambahkan data-data terbaru mengenai mangrove," jelas Sdri. Aulia P. A. (staf MENKOMSI).

Beragam pengetahuan bisa didapatkan di KeSEMaTPEDIA, diantaranya Analisis Vegetasi, Ekologi, Ekstraksi, Fauna, Fitoplankton, Flora, Herbivori, Identifikasi, Karbon dan Serasah, Masyarakat dan Ekoeduwisata, Morfometri, Pemetaan, Perifiton, Produk, Rehabilitasi, Ringkasan, Silvikultur, Struktur Komunitas, Teknologi dan lain-lain.

"KeSEMaTPEDIA berisi info, data dan fakta mangrove. Jadi, berbeda dengan KeSEMaTONLINE yang berisi lebih banyak berita, dimana menyatukan semua unsur mangrove yang ada di jaringan KeSEMaT. KeSEMaTPEDIA lebih fokus pada penelitian mangrove kami, juga kolega yang bertujuan mengembangkan ilmu dan pengetahuan mangrove di Indonesia," terang Sdri. Aulia lebih lanjut.

Lebih lanjut lagi, artikel-artikel yang dipublikasikan di KeSEMaTPEDIA juga ditulis berdasarkan sumbernya langsung, mulai dari buku, jurnal, skripsi, situs-situs lingkungan terkait mangrove dan sumber-sumber lainnya.

"Kami juga mengembangkan KeSEMaTPEDIA di media sosial. Kami memiliki Facebook, Twitter dan Instagram khusus untuk KeSEMaTPEDIA. Kami membuat banyak artwork untuk memberikan informasi mengenai info, data dan fakta mangrove terbaru," jelas. Sdri. Aulia.

Dengan keberadaan KeSEMaTPEDIA, diharapkan kampanye pelestarian mangrove KeSEMaT yang berbasis riset, di masa mendatang akan lebih luas lagi menjangkau masyarakat di Indonesia bahkan dunia. Penasaran dengan KeSEMaTPEDIA (?), Anda dapat mengaksesnya melalui Website KeSEMaT atau klik di sini. (AS).