3.2.19

KeSEMaT Dampingi YPI Nasima Tanam 2.571 Mangrove di Pantai Mangunharjo, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 18 Januari 2019, mulai dari pagi hingga siang hari, KeSEMaT yang dikoordinatori langsung oleh Sdr. Ilham Kuncahyo (Presiden) sukses mendampingi siswa/siswi Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima Semarang, dalam rangka pelaksanaan program Penanaman Mangrove yang diadakan di Pantai Mangunharjo, Tugu, Kota Semarang.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Dies Natalis YPI Nasima ke-XXV bertema “2.571 Mangrove For The Future of Indonesia.

Acara dimulai dengan Pembukaan, yang dilanjutkan dengan Sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh Bpk. Agus Sofyan Hadi (Ketua YPI Nasima), yang berturut-turut diikuti oleh Bpk. Ragil Wiratno (Ketua Dewan Pengawas YPI Nasima) dan Sdr. Ilham.

“Kami bekerja sama dengan KeSEMaT dalam program penanaman mangrove ini, yang bertujuan untuk melestarikan wilayah pesisir di Semarang,” ujar Bpk. Ragil, dalam sambutannya.

Setelah Sambutan-sambutan dan Pembacaan Doa, acara dilanjutkan dengan Briefing Penanaman.

“Mangrove merupakan tumbuhan yang hidup di daerah pasang surut yang memiliki fungsi, diantaranya mencegah abrasi pantai, intrusi air laut, menyerap karbondioksida, sebagai tempat tinggal biota laut dan sumber kehidupan bagi makhluk hidup lainnya,” jelas Sdr. Ilham. “Di lokasi penanaman, peserta menanam bibit mangrove sebanyak 2.571 buah dari jenis Rhizophora mucronata. Cara menanamnya adalah dengan menancapkan sepertiga bagiannya ke tanah, kemudian diikat ke ajir agar tanaman tidak rusak atau hilang,” tambahnya.

Setelah Briefing Penanaman, dilakukan Simbolisasi dan Upacara Penanaman yang dipimpin oleh Bpk. Agus. Selanjutnya, para siswa yang berjumlah kurang lebih 200 orang terjun ke lumpur untuk melakukan proses penanaman di sepanjang pesisir.

"Kegiatan penanaman berjalan sangat meriah, siswa-siswi TK, SD, SMP, SMA sampai dengan guru-guru, semua ikut menanam mangrove yang sudah disediakan panitia," kata Presiden. "Terima kasih kepada YPI Nasima yang sudah mempercayakan program pendampingannya kepada kami. Semoga bibit mangrove yang sudah ditanam dapat menjaga pesisir dan membuatnya lebih hijau," pungkasnya. (IK/AP/ADM).

No comments:

Post a Comment