7.3.18

Semarak KeSEMaTINAUGURATION 2018

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 1 Maret 2018, mulai pukul 13.00 s.d 16.00 WIB yang bertempat di salah satu restoran di Semarang, KeSEMaT sukses menyelenggarakan acara Pelantikan dan Syukuran Pengurus dan Anggota KeSEMaT 2018, yaitu KeSEMaTINAUGURATION (KI) 2018 yang bertemakan MANGROVEXTRAORDINARY: Extra Power, To Be Mangrover. Kegiatan ini selain acara syukuran, juga sebagai prosesi pembacaan sumpah dan janji KeSEMaTER.

Acara KI 2018 ini menandakan bahwa Kabinet KeSEMaT Abhipraya secara resmi telah dilantik yang dilakukan oleh Pembimbing KeSEMaT Dr. Rudhi Pribadi, secara langsung, untuk masa kepengurusan satu tahun kedepan.

Selain itu, KI 2018 juga merupakan ajang untuk memperkenalkan KeSEMaTER Angkatan XVII dan Angkatan XVIII kepada para alumni, mitra kerja dan kolega KeSEMaT, yang terdiri dari beragam instansi, mulai dari organisasi mahasiswa, kelompok masyarakat, instansi pemerintah tingkat daerah, nasional dan internasional serta berbagai perusahaan.

KI ini, dikoordinatori oleh KeSEMaTER Avicennia XVII dan Lumnitzera XVIII yang didampingi oleh DP KeSEMaT. KI pada tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena pada KI tahun ini, KeSEMaT menampilkan KeSEMaTEATER sebagai ucapan selamat datang kepada para tamu undangan. KeSEMaTEATER merupakan terobosan terbaru dari KeSEMaT dalam melakukan kampanye mangrove.

Selanjutnya, diikuti dengan sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana KI 2018, yaitu Sdr. Ababil (staf MENWEBNET) yang dilanjutkan oleh Sdr. Bifa Aulia M. (Presiden) dan Rudhi Pribadi (Pembimbing).

“Kabinet Abhipraya total berjumlah 32 orang KeSEMaTER. Abhipraya sendiri memiliki arti cita-cita dan harapan. Kedepannya, diharapkan KeSEMaTER dapat menjadi harapan dan inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia agar tetap menjaga lingkungan pesisir dan mangrove. Dengan jargon BERGELORA, diharapkan KeSEMaTER memiliki semangat dan daya juang yang tinggi untuk melestarikan mangrove dan menjaga lingkungan pesisir,” terang Presiden KeSEMaT, dalam sambutannya.

Ditambahkan oleh Sdr. Ababil bahwa KI 2018 yang bertemakan MANGROVEXTRAORDINARY memiliki arti Mangrove yang Luar Biasa. Hal ini bermakna setiap anggota dari kabinet Abhipraya diharapkan akan selalu memiliki semangat yang luar biasa sehingga input maupun output-nya kedepan juga dapat luar biasa dan selalu memiliki tekad yang kuat untuk menjaga ekosistem mangrove di Indonesia maupun di dunia.

"Harapan atas dilantiknya para KeSEMaTER untuk kedepannya adalah, dapat menjalankan amanah serta tanggung jawab yang telah dibebankan di pundaknya dan harus dapat dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan hati,” jelasnya.

Saat pembacaan sumpah dan janji, KeSEMaTER memasuki ruangan acara dengan berjalan berdampingan dengan perlahan sampai ke depan panggung, kemudian berbaris rapi di depan panggung untuk mengucapkan Sumpah dan Janji KeSEMaTER serta dilantik oleh Pembimbing KeSEMaT yang disaksikan oleh para tamu undangan yang hadir. Setelah Pembacaan Sumpah dan Janji, kegiatan dilanjutkan dengan Serah Terima Buku Tahunan dan Sertifikat KeSEMaT.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman Dumatra dan Dumatri 2018 yang diraih oleh Sdr. Ilham Kuncahyo (staf MENKOMSI) dan Sdr. Navilla A. Bidasari (staf ahli MENPORSI). 

Setelah itu, dilakukan Pemotongan Tumpeng sebagai wujud syukur kepada Allah SWT dan dilanjutkan dengan sesi Penyampaian Kesan dan Pesan dari para tamu undangan, khususnya para mitra kerja KeSEMaT dan perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Acara ini dihadiri oleh para mitra kerja KeSEMaT, diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, DLH Provinsi dan DLH Kota Semarang, Dinas Kehutanan Kota Semarang, Direktur Marine Science Techno Park (MSTP), berbagai UKM Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Kelompok Tani Metal, Alumni KeSEMaT (AMaT), Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI, KeMANGTEER, dan masih banyak lagi.

Di penghujung acara, tampil KeSEMaTUSTIK yang membawakan dua buah lagu, diantaranya single hits mereka, Mangrove Hidup Kita untuk menghibur seluruh para tamu undangan yang hadir.

Acara yang berlangsung meriah dan semarak ini ditutup dengan foto dan makan bersama dengan seluruh Kabinet KeSEMaT Abhipraya dan semua para tamu undangan, sebelum para tamu meninggalkan tempat. Acara berjalan dengan sukses dan lancar, yang selanjutnya akan diikuti dengan prosesi foto Kabinet KeSEMaT Abhipraya Bergelora. (ADM/IK).